Pangkep, Infopublik Diskominfo -- Pemukulan bedug oleh Bupati Pangkajene dan Kepulauan H. Syamsuddin Hamid, SE, menandai dimulainya Lomba Bedug 1 Syawal 1439 Hijiriyah di masjid Agung Pangkep sebagai rangkaian memeriahkan malam takbiran Idul Fitri 1439 H. 
Kelompok peserta perwakilan dari kecamatan dan Organisasi perangkat daerah dan pengurus masjid yang diselenggaran oleh PHBI Kab. Pangkep tersebut.

Bupati Pangkep H. Syamsuddin Hamid, dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi atas semua rancangan acara PHBI sebagai pengganti Pawai Takbiran yang ditiadakan atas himbauan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

"Semoga acara yang diselenggarakan malam ini lomba bedug ini dapat mensiarkan agama Islam di kabupaten Pangkep, siar Islam yang rahmatan lil alamin, "ujarnya. 
Kepada umat muslim, Bupati menghimbau agar malam perayaan idul fitri dapat di rayakan dengan penuh kesyukuran dengan harapan pada tahun depan dapat bertemu kembali dengan bulan suci ramadhan.

"Saya mengajak mari rayakan malam ini dengan penuh kegembiraan namun tidak untuk tidak berlebihan, mari kita berbangga dan berbahagia dan penuh dengan rasa syukur, semoga tahun depan masih diberi kesempatan bertemu kembali dengan malam yang suci ini, " kata dia. 
Sementara itu, Dr. Jamaruddin, M.Ag sebagai Ketua PHBI Pangkep, mewakili panitia penyelenggara lomba bedug satu syawal 1439 Hijiriyah mengatakan, kriteria penilaian lomba bedug terdiri dari tiga penilaian, yakni vokal, fareasi pukulan begug, kerapian dan kesopanan peserta. 

" Kreteria penilaian yakni vokal atau suara dari vocalist, fareasi pukulan begug, kerapian atau kesopanan, " Ujarnya. 
Dari pantauan Tim Media Infopublik Diskominfo, Lomba bedug yang digelar di halaman parkir Masjid Agung Pangkep ini cukup mendapat perhatian dari masyarakat yang datang dari berbagai penjuru kecamatan tumpah ruah merayakan malam takbiran. 

Meskipun demikian tetap ada sebagian masyarakat yang merayakan malam takbiran dengan menggunakan mobil dan sepeda motor berkumpul mengelilingi sepanjang jalan kabupaten dengan pengawalan dari petugas kepolisian Resort Pangkep. (mcpangkajene)

Sumber : http://diskominfo.pangkepkab.go.id/index.php/berita-pangkep/item/344-ganti-pawai-takbiran-pemda-dan-phbi-pangkep-gelar-lomba-bedug