Pangkep, InfoPublik -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene & Kepulauan (Pangkep) mencanangkan atau meluncurkan program gerakan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dan Aksara Lontara.

Pencanangan Kedua program yang digagas Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep ini dilakukan langsung Bupati Pangkep, H.Syamsuddin A Hamid, SE, Rabu, (2/5) di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep. Kedua program tersebut menurut, Drs.Muhammad Idris Sira, Msi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep, adalah sebuah langkah jitu dalam membentuk karakter relegi bagi peserta didik dan mencintai budaya daerahnya.

“Pencanangan kedua program ini dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 yang bertema Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan,” ujar Idris Sira di sela-sela kegiatan ramahtamah dalam rangka memperingati Hardiknas 2018 tingkat Kabupaten Pangkep tersebut. Ditambahkan, peringatan Hardiknas tahun lalu, yakni Hardiknas 2017, Pemkab Pangkep meluncurkan program inovatif terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan, yakni Gerakan ‘Ayo Bersekolah’ dan diluncurkan Bupati Pangkep, H.Syamsuddin A Hamid.

Program “Ayo Bersekolah” menurut Kadis Pendidikan, merupakan langkah positif dalam rangka mendukung penuntasan wajib belajar pendidikan dasar dan menengah, peningkatan angka partisipasi bersekolah dan mengukur Indeks Pembangunan.

Kadis Pendidikan Kabupaten Pangkep, Muhammad Idris Sira mengutarakan, gerakan ‘Mari Bersekolah’ telah diwujudkan dalam berbagai kegiatan, diantaranya, terselenggaranya layanan bagi siswa pada semua sekolah di daerah ini dengan menyelenggarakan pendidikan inklusif, pemberian beasiswa bagi mahasiswa melalui program SPP gratis dan kehadiran guru di kelas sudah tepat waktu dengan ‘Salam Sambut Siswa’.

Sementara Bupati Pangkep, H.Syamsuddin A Hamid, SE mengungkapkan, kedua program yang diluncurkan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini hendaknya dapat dilaksanakan dengan baik agar program tersebut dapat menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan sesuai dengan tema Hardiknas 2018.

“ Di Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan, seperti yang disampaikan Mendikbud RI dalam pidatonya dalam rangka memperingati Hardiknas 2018,” urainya.

Kegiatan ramahtamah dalam rangka memperingati Hardiknas 2018 di Kabupaten Pangkep juga diwarnai dengan penyerahan piagam penghargaan dari Badan Akreditasi PAUD dan PNF Sulsel kepada Kadis Pendidikan Pangkep, Muhammad Idris Sira.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut dilakukan Bupati Pangkep, H.Syamsuddin A Hamid, SE, atas peranserta dan partisipasi mendorong pengajuan akreditasi PAU dan PNF tahun 2017. Peringatan Hardiknas 2018 di Pangkep juga ditandai dengan upacaya bendera di lapangan Kantor Pemkab Pangkep dan bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Bupati Pangkep, H.Syahban Sammana, SH. (Darwis/Mcpangkajene/eyv)

Sumber : http://infopublik.id/read/266402/pemkab-pangkep-luncurkan-program-baca-tulis-al-quran.html