Kabar gembira untuk warga di empat kecamatan kepulauan di Pangkep, bahwa jika tidak ada aral melintang, kapal perintis pertama di Pangkep akan mulai beroperasi pada akhir Juni ini. Rencananya akan melayari wilayah Pangkep bagian perairan kecamatan Liukang Tangaya yang menghubungan antara Pangkep-Makassar-NTB.Kapal inilah yang selama ini didambakan masyarakat di wilayah kepulauan Pangkep.

Kedatangan kapal perintis itu, kata Kepala Dinas Perhubungan, Drs.H.Effendi Kasmin, yang ditemui Jumat (21/6) sekarang ini sedang ditunggu. "Rencananya akhir Juni ini," katanya. Ia didampingi Kabid Komunikasi dan Informasi, Drs.H.Idham Latif MM, menjelaskan jika kapal perintis itu merupakan bantuan dari Kementrian Perhubungan. Mulanya Effendi menceritakana jika beberapa waktu lalu, Ia mendampingi Kepala Dinas Perhubungan Pemrov Sulsel menghadap Dirjen Perhubungan Laut di Jakarta. Saat itu, ia dijanjikan akan membantu kapala perintis untuk dua kabupaten kepulauan di Sulsel yakni Pangkep dan Selayar. "Kapal tersebut kini masih ada di Papua, dan tidak lama lagi akan ke Pangkep," kata Kabid Perhubungan Laut Dishubkominfo Pemrov Sulsel, Eddy Setiadi  yang dihubungi via telepon selulernya Jumat  kemarin.

Selama ini kata Effendi, wilayah terluar di Pangkep seperti kecamatan Liukang kalmas dan Tangaya belum mempunyai sarana transportasi yang memadai. Kedua kecamatan yang mempunyai puluhan pulau itu berbatasan dengan NTB dan Kalimantan Timur.Untuk mobilitas warga umumnya menggunakan kapal-kapal nelayan.

Kapal perintis dengan tonase 350 GT dan mampu menampung 150 orang penumpang itu, diharapkan sebagai solusi untuk memperlancar hubungan antar pulau dengan wilayah lainnya terutama pusat pemerintahan.Wilayah Liukang Tangaya selama ini, ditempuh dengan menggunakan kapal nelayan dengan waktu 48 jam dari pelabuhan Paotere Makassar. Namun untuk lebih dekatnya, biasanya warga ke Lombok NTB dan selanjutnya berlayar 8 jam ke wilayah Liukang Tangaya.
Dengan adanya kapal perintis ini, maka warga tidak perlu lagi ke Lombok atau harus menunggu beberapa hari jika hendak bepergian ke wilayah Liukang Tangaya. (udi)