Pemkab Pangkep mendapatkan Wahana Tata Nugraha (WTN) Bidang Tranportasi Publik. Penghargaan tersebut diterima, Rabu (10/9) di Jakarta.

Wahana Tata Nugraha diberikan kepada daerah khususnya Pangkep merupakan apresiasi kepada daerah yang dapat menata sarana transportasi publik dengan baik. Kadis  Perhubungan, Kominfo, Drs.H.Effendi Kasmin, yang dihubungi saat mendampingi Bupati Pangkep, H.Syamsuddin Hamid SE dalam penerimaan tersebut, mengatakan Pangkep dinilai mampu memberikan dan menata transportasi publik yang ada di wilayahnya.

Transportasi di Pangkep khususnya angkutan kota dan pedesaan tertata rapih dengan berbagai jalur yang sudah diatur. Khususnya untuk angkutan pedesaan, terdapat beberapa terminal yang dapat dijadikan sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang.

Effendi mengakui, dalam penataan transortasi publik di Pangkep, ia  merencanakan akan kembali memfungsikan terminal baru yang ada di area Kantor Perhubungan dan Kominfo di kecamatan Bungoro. “Jika itu sudah berfungsi optimal, maka kawasan kota di Pangkajene semakin tertib,” katanya.  Acara Penerimaan WTN ini diserahkan oleh Menteri Kementrian Perhubungan dan Kominfo, EE Mangindaan di Jakarta.

Selanjutnya beberapa rambu-rambu lalulintas  terpasang di beberapa sudut jalan di kota Pangkajene, untuk membantu para pengendara dan pengguna jalan agar dapat menata arus lalulintas di kota ini. Penataan sarana transportasi publik di Pangkep semakin dibenahi seiring dengan pembangunan berbagai infrastruktur jalan yang sudah di aspal dan sebagiannya lagi di beton.Jalur angkutan pedesaan terutama untuk trayek Pangkajene-Labakkang, Pangkajene-Tondong Tallasa, Pangkajene-Balocci dan Pangkajene-Balocci. Semua trayek tersebut mengarah pada kota Pangkajene terutama di wilayah Pasar sentral di kawasan Palampang. Untuk membantu pelayanan transportasi untuk  siswa atau pelajar, Pemkab Pangkep menyiapkan 3 bus gratis yang setiap harinya melayani ratusan siswa dari dan ke berbagai sekolah di wilayah Pangkajene dan sekitarnya.

Selain tranportasi darat, di Pangkep juga terdapat beberapa transportasi untuk wilayah kepulauan. Untuk transportasi laut, umumnya warga menggunakan perahu nelayan dan perahu motor.