Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi dan Bisnis Islam STAI DDI Pangkep menggelar upgrading dan pelatihan calon pengurus baru yang  bertempat di Aula STAI DDI Pangkep.

Ketua Panitia Pelaksana Sarinah  mengatakan Kegiatan ini akan  berlangsung selama tiga hari yakni pada hari/tanggal Rabu-Jumat, 5 sampai 7 Desember 2018 dan  merupakan yang pertama kali diadakan dengan mengusung tema Mengembangkan wawasan yang bermoral dalam mengoptimalkan integrasi mahasiswa ekonomi dan bismis

Ketua Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam Shibgatullah Halik,ST.,MM yang membuka kegiatan upgrading ini mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyiapakan kader himpunan  yang tentunya nanti akan di siapkan untuk menjalankan roda kepungurusan di periode selanjutnya  serta kegiatan ini dapat menjadi bekal untuk  calon pengurus baru  dalam menjalankan roda organisasi sehingga memiliki kemampuan berorganisasi yang lebih baik karena tak bisa di pungkiri banyaknya alumni kita yang sukses dan berhasil berkah pengalamannya di dunia  organisasi.

Sementara itu Ketua HMJ Akbar mengatakan Kegiatan upgraiding  yang dilaksanakan  ini  menghadirkan pemateri dari kalangan dosen dan senior dan semoga setelah acara ini berakhir setiap peserta dapat menerapkan nilai-nilai yang telah diperoleh selama acara berlangsung dan dapat diterapkan dalam kehidupan berorganisasi maupun kehidupan sehari-hari. Maju terus HMJ Ekonomi dan Bisnis Islam STAI DDI Pangkep

Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga dan Pendidikan Agama Islam Tahun Masuk 2013 s/d 2012 ke bawah diimbau agar segera menyelesaikan studinya sebelum tanggal 31 Desember 2018. Mahasiswa yang tidak mengindahkan batas masa akhir studi tersebut akan dikenai sanksi berupa pemberhentian sebagai mahasiswa (drop out).

 

Hal itu disampaikan Ketua STAI DDI Pangkep di ruang kerjanya, Ahad  (2/12/2018). Menurut Drs.K.H.Hasbuddin Halik, Lc.,MH, imbauan dan peringatan tersebut dilakukan agar mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab terhadap akademiknya dan  imbauan itu juga sekaligus sebagai kewajiban pihak kampus  untuk selalu mengingatkan mahasiswanya  agar tidak terlena dan segera menyelesaikan masa studinya

 

“Aturan itu sebenarnya sudah termuat di dalam  buku Peraturan Akademik STAI DDI Pangkep, yaitu kapan mahasiswa mulai mengikuti perkuliahan dan kapan waktu paling lama menyelesaikan studinya. Jadi mahasiswa seharusnya menjalankan  ketentuan yang terdapat dalam aturan itu,Kasihan nanti kalau sampai ada mahasiswa yang lewat masa studi lalu dikeluarkan dari kampus,”

 

Menurut nya peraturan tentang masa studi mahasiswa, baik pada program diploma maupun program sarjana, sudah diatur dalam Peraturan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pada Pasal 16 ayat (1) huruf d disebutkan bahwa masa dan beban penyelenggaraan program pendidikan untuk program sarjana, program diploma empat/sarjana terapan adalah paling lama tujuh tahun dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 144 sks.

 

Ketentuan atau peraturan masa studi tersebut berlaku secara nasional. Tak hanya bagi perguruan tinggi umum tetapi juga yang bersifat keagamaan. Untuk itu Hasbuddin Halik  meminta mahasiswa STAI DDI Pangkep untuk tidak berlama-lama di kampus tetapi harus segera menyelesaikan studinya  sesuai dengan waktu yang  telah ditentukan sebelumnya.

 

Dia menambahkan sistem drop out ini penting untuk di maksimalkan karena ini menyangkut pencapaian terhadap  penilaian program studi dan akreditasi institusi kampus,” Tutupnya