1). Latar Belakang.

       Program Studi Pendidikan Agama Islam merupakan Program Studi yang  dibuka sebagai asaz dan awal  Jurusan Tarbiyah/Keguruan Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal Irsyad (STAI DDI)  Pangkep. Penyelenggaraannya didasarkan pada Kebutuhan Masyarakat.

           Program Srudi ini dibuka berdasarkan Surat Keputusan  Pengurus Besar DDI  Nomor: PB/K.092/114/V/2001 tanggal     20 Shafar 1422  H/14 Mei 2001 M. dan untuk memperoleh Status terdaftar, dikukuhkan dengan Surat Keputusan Ketua       Yayasan al-Jami’ah a-Islamiyah DDI Nomor: 01/K.01/YJI/DDI/PK/VIII/2002 tanggal 18 Jumadil Akhir     1423 H./27 Agustus 2002, tentang pembukaan Jurusan Tarbiyah/Keguruan  Program Studi Pendidikan Agama Islam.

              Sesuai Kebutuhan dan tuntutan masyarakat,  Jurusan Tarbiyah/Keguruan  banyak dimininati oleh masyarakat, sehingga  kami merasa perlu mengembangkan jurusan ini dengan  jenjang program Strata satu program studi Pendidikan Agama Islam.. Hal itu sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat global.

            Tujuan Program Studi ini adalah untuk mempersiapkan  dan      mencetak sumberdaya manusia yang memiliki keluasan ilmu dan propesionalitas dalam bidang kependidikan Agama Islam yang sangat penting di era global saat ini. Karena melalui pendidikan yang menggabungkan kedalam penguasaan ilmu agama dan     pengetahuan   yang berkembang dalam bidang kependidikan bahasa inggris, diharapkan lulusan Program Studi ini akan memiliki kecakapan dan profesionalitas dalam bidang keilmuannya sekaligus memiliki kedalaman spritualitas dan keluhuran akhlak.

           

2).  Visi Program Studi PAI

             “Menjadi Program Studi Pendidikan Agama Islam terkemuka yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan dan kemajuan dalam mempersiapkan sarjana kependidikan bidang Agama Islam dan memiliki kedalaman spritual, keluhuran akhlak keluasan ilmu dan kematangan profesional”.

               3).  Misi Program Studi PAI

a)Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional dalam  mempersiapkan lulusan yang kompoten dibidang kependidikan Agama Islamdanmampu  mengaflikasikannya.  

b)  Menyelenggarakan pendidikan berbasis nilai–nilai etika Islam dalam mempersiapkan  lulusanyang memiliki kedalaman spritual, keluhuran akhlaq, keluasan ilmudankematangan profesional.

c)Menyelenggarakan penelitian dan kajian-kajian dalam upaya menggalidanmengembangkan ilmu pengetahuan di bidang kependidikan Agama Islam.

d)     Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam memecahkan   masalah  masalah  sosial kependidikan, keagamaan dan memberikan layanan yangprofesional kepada masyarakat dengan menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan dibidang Agama Islam.

e)Menjaga nilai-nilai religius dan etika profesional akademik dalam mewujudkan penyelenggaraan   program studi.

           4)  Tujuan Program Studi PAI.

a)      Menghasilkan alumni  S-1  yang memiliki kemantapan akidah, kedalaman spritual dan keluhuran akhlaq.

b)      Menghasilkan alumni S-1 yang mampu menanamkan pengetahuan   bidang  Pendidikan Agama Islam baik secara lisan maupun tertulis dengan baik dan  benar.

c)      Menghasilkan alumni S-1 yang memahami secara mendalam tentang   ilmu  Agama Islam sebagai suatu bidang kajian keilmuan.

d)     Menghasilkan alumni S-1 yang menguasai metodologi pengajaran Agama  Islam dan mampu mengaplikasikannya.

e)      Menghasilkan alumni  S–1 yang secara profesional memiliki  

         kemampuan  memanfaatkan ilmu dalam bidang pengajaran  Agama   Islam.