1)      Visi  Jurusan Tarbiyah

             “Mewujudkan jurusan tarbiyah / Keguruan sebagai institusi yang modern dan terkemuka dalam menyiapkan tenaga kependidikan yang dijiwai nilai-nilai Islam dengan memperhatikan tuntutan dan kebutuhan masyarakat”.

 

2)      Misi

a)      Menyelenggarakan Pendidikan yang unggul untuk menghasilkan  tenaga pendidik di lingkungan masyarakat, madrasah/sekolah, pondok pesantren  dan  masyarakat luar sekolah.

b)      Mempersiapkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kedalaman  spritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.

c)      Mengembangkan   pengabdian   masyarakat   dengan   fokus   pada    usaha memberikan kontribusi dalam penyelesaian berbagai persoalan pendidikan aktual yang menjadi  issu  dimasyarakat.

d)     Mengembangkan penelitian yang dapat melahirkan teori-teori pendidikan Islam dilingkungan masyarkat berpendidikan dan masyarakat luar sekolah.

e)      Menjalin kerjasama dengan  perguruan  tinggi  lain  dan masyarakat  pengguna.

 

3)      Tujuan

a)Menghasilkan pendidik muslim yang memiliki pengetahuan,  sikap, skill/keterampilan dan nilai yang diperlukan untuk menjadi guru di  sekolah/madrasah.

b)      Menghasilkan   lulusan   yang   mempunyai   kemampuan tambahan     dalam   membentuk,   mengelola dan mengorganisir program satuan pendidikan.

c)Mampu  merencanakan dan   melaksanakan   program   pendidikan,melalukan supervisi,  monotoring   dan   evaluasi   program,  dan  mengembangkan inovasi-inovasi program satuan pendidikan.