LAMBANG

1.        Lambang STAI DDI Pangkep.adalah lambang organisasi Darud Da’wah Wal-Irsyad (DDI) yang dikelilingi oleh lingkaran segi lima.

2.        Isi dan Makna Lambang :

a.         Warna dasar hijau tua, melambangkan bahwa ajaran Islam yang berhaluan Ahlussunnah Wal-Jama’ah yang menjadi panutan warga DDI.

b.         Matahari terbit warna kuning emas dengan sinar sejumlah 25 berkas di atas lintas pelangi warna putih yang berisi kalimat tauhid: لااله الاالله محمّد رسول اللهmelambangkan bahwa matahari sebagai sumber cahaya, cahaya sebagai sumber ilmu pengetahuan dan ilham dari Allah Swt. diturunkan kepada hamba-Nya dengan perantaraan Rasul-Nya dalam membentuk jiwa Tauhid.

c.         Bulan sabit warna putih di dalamnya terdapat tulisan huruf Latin : DARUD DA’WAH WAL-IRSYAD menengadah ke atas, melambangkan bahwa DDI senantiasa berjalan di atas garis dan ketentuan wahyu Allah.

d.        Kalimat : له دعوة الحقّ,melambangkan fungsi dan hakekat kehadiran DDI di tengah-tengah masyarakat; yakni berusaha mendalami ajaran Islam dan ilmu pengetahuan dalam berbagai disiplin dengan tujuan menyebarluaskan dan mengajak manusia ke jalan yang diridai Allah Swt.

e.         Kalimat : دار الدّعوة والارشادdalam bahasa Arab, melambangkan salah satu simbol pandangan DDI bahwa untuk penguasaan ilmu pengetahuan agama Islam mutlak adanya penguasaan terhadap bahasa Arab dan alat-alatnya.

f.          Kalimat dalam bahasa Indonesia dengan singkatan “DDI”, melambangkan identitas bahwa DDI sebagai organisasi Islam yang termasuk bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia bergerak dalam bidang pendidikan, dakwah dan sosial turut bertanggung jawab dalam menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia.

g.         Bintang lima warna kuning cemerlang sebanyak 5 buah terletak di ufuk sinar cahaya matahari, melambangkan rukun Islam dan Pancasila.

h.         Lingkarang segi lima yang ada di luar lambang DDI dimaknakan satu kestuan integral dari semua unsur-unsur di dalamnya.