Kurikulum merupakan suatu pedoman/sarana yang mengarah kepada pencapaian suatu jenjang pendidikan secara dinamis.  Untuk itu, penyusunan kurikulum didasarkan pada Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, dengan mengacu pada perkembangan mutaakhir dan kebutuhan masyarakat serta  memerlukan pemikiran dan analisa yang  lebih luas sesuai dengan tujuan lembaga pendidikan STAI – DDI Pangkep dan perkembangan tuntutan masyarakat secara keseluruhan.

        1. Struktur Kurikulum

      Adapun Struktur Kurikulum STAI DDI Pangkep disusun dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku secara nasional (kurnas), berdasarkan Undang-undang Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Keputusan Menteri Agama Nomor 353 Tahun 2004 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Agama Islam, dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi yang terdiri atas komponen kurikulum Nasional dan Institusional  yang merupakan kelompok perangkat mata kuliah yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi Agama Islam yang bersangkutan. Adapun susunan kurikulum yang dimaksud sebagai berikut:

 

                 1.)  Mata Kuliah Kompetensi Dasar  (MKD)

                 2.)   Mata Kuliah Kompetensi  Utama  (MKU)

3.)   Mata Kuliah Kompetensi Pendukung  (MKP)

 

4.)   Mata Kuliah Kompetensi Bermasyarakat  (MKB)

 

      Mata kuliah Kompetensi Dasar  (MKD) adalah Kompetensi yang dimiliki  oleh setiap mahasiswa sebagai dasar bagi kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya. Bertujuan membentuk manusia Indonesia sebagai Akademisi sarjana atau ahli yang yang diarahkan terutama pada dasar-dasar  ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian yang bersumber dari ajaran Islam serta didasari oleh pemahaman dan penghayatan terhadap aspirasi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

     Mata Kuliah Kompetensi Utama (MKU) adalah Kompetensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa sesudah menyelesaikan pendidikannya di suatu program studi tertentu. Bertujuan memberikan ilmu pengetahuan yang berorientasi keprofesian kepada   keahlian dan kesarjanaan.

      Kemudian Mata Kuliah Kompetensi Pendukung (MKP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat mendukung kompetensi utama. Bertujuan memberikan dukungan keahlian pada bidang ilmu pengetahuan yang berorientasi keilmuan yang luas sebagai tuntutan minimal bagi seorang sarjana atau lulusan pada jurusan tertentu.

      Sementara Mata Kuliah Kompetensi  lain-lain  ( MKL ) adalah kompetensi yang dianggap perlu dimiliki oleh mahasiswa sebagai bekal mengabdi di masyarakat, baik yang terkait langsung maupun yang tidak terkait. Bertujuan menambah pengetahuan dan wawasan, terutama dalam bidang ciri khas kelembagaan dan pengetahuan keterampilan khusus, yang dimaksudkan untuk memberi motivasi kepada mahasiswa agar mereka kelak dapat  berusaha mandiri.