Adapun gambaran umum dari masing-masing mata kuliah secara keseluruhan pada Jurusan Syari'ah dan Hukum Program Studi Ahwal Syakhshiyah / Hukum Kekeluargaan dan Acara Peradilan.  Serta Jurusan Tarbiyah/ Keguruan,  Program Studi Pendidikan Agama Islam.  Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DDI Pangkep  akan dipaparkan sebagai berikut:

1.            Mata  Kuliah Lingkup Kompetensi  Dasar (MKD) 44 SKS

             a.   Prodi Ahwal Syakhsiyah dan Prodi Pendidikan Agama Islam.

·        Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. ( 2 SKS )    

       Mata kuliah ini menitikberatkan pembahasannya pada pemahaman nilai-nilai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia dan beberapa aspek  ajaran kewarganegaraan. Di samping itu, mata kuliah ini juga bertujuan agar mahasiswa mampu memahami dan mengkaji nilai-nilai dasar Pancasila dan UUD 1945 serta mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai warga Negara yang baik dan responsive terhadap pembangunan. Pada akhirnya, mahasiswa diharapkan memiliki kesadaran dalam berbangsa dan bernegara sehingga mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga Negara.

·           Metodologi Studi Islam. ( 2 SKS )    

        Mata kuliah ini menekankan pada pembahasan tentang aspek dasar dari metodologi pemahaman keIslaman dengan berbagai disiplin keilmuan yang terkandung di dalamnya. Dengan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan akan mampu memahami posisi masing-masing disiplin keilmuan Islam sebagai dasar bagi mahasiswa di dalam menganalisis beberapa persoalan ummat dan keIslaman.

 Selain itu, dengan bekal mata kuliah ini pula, mahasiswa mampu memahami ajaran Islam dengan berbagai aspeknya, selain filosofis, histories, dan sosiologis serta menguasai metodologi yang diperlukan untuk mengembangkannya.

 

·           Pengantar Filsafat Ilmu ( 2 SKS )    

       Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diantar untuk memahami hasil refleksi secara menyeluruh dan mendasar tentang ilmu pengetahuan, baik dari aspek ontology, epistemology dan aksiologi, serta strategi pengembangannya. Dari kajian ini mahasiswa diharapkan mampu memahami perspektif dan kemungkinan perkembangan ilmu, khususnya kajian Islam pada umumnya dan hukum Islam khususnya, serta menyadari adanya hubungan antara cabang-cabang ilmu dengan kelebihan dan kelemahan metode masing-masing.

  Melalui bekal mata kuliah ini pula, mahasiswa diharapkan mampu memahami posisi disiplin ilmu yang sedang ditekuni dan memberikan dasar pemahaman bagi konstruksi ilmu pengetahuan dan penulisan skripsi.

·           Bahasa Indonesia  ( 2 SKS )    

        Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan penyetaraan kemampuan berbahasa Indonesia sebagai sarana untuk memahami teks-teks bacaan yang berbahasa Indonesia. Melalui mata kuliah ini pute, diharapkan mahasiswa mampu menggunakan bahasa Indonesia yang juga bahasa pengantar perkuliahan pada umumnya sebagai alat dasar untuk menyampaikan keilmuan yang dimilikinya kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan.

·           Bahasa Arab I – IV  ( 8 SKS )    

 Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan penyetaraan kemampuan berbahasa Arab sebagai sarana untuk memahami teks-teks bacaan yang berbahasa Arab. Melalui mata kuliah ini pula, diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan kemampuannya untuk menganalisa dan menginterpretasikan teks-teks bacaan yang berbahasa Arab (kitab kuning) secara cermat dan kritis. Di samping itu, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan skill kalaam mereka sehingga mampu berbicara dengan baik dan mampu menulis naskah-naskah Arab dengan benar sesuai kaidah normative bahasa Arab.

·           Bahasa Inggris I dan II  ( 6 SKS )    

        Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan penyetaraan kemampuan berbahasa Inggris sebagai sarana untuk memahami teks-teks bacaan yang berbahasa Inggris. Melalui mata kuliah ini pula, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya untuk membaca, menganalisa dan menginterpretasikan teks-teks bacaan yang berbahasa Inggris secara baik. Di samping itu, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan speaking skill mereka sehingga mampu berbicara dengan lancar dan mampu menulis naskah-naskah Inggris dengan benar sesuai gramatika bahasa Inggris.

·           Ilmu Alamiah Dasar  ( 1 SKS )    

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan teori-teori dasar keilmuan tentang alam dan memiliki gambaran tentang pengembangan dan perkembangan keilmuan alam, baik yang berkaitan dengan mahluk hidup dan mahluk tak hidup, di mana hidup dan kehidupan manusia tidak lepas dari kehidupan alam semesta.

·           Ilmu Sosial Dasar ( 2 SKS )    

Mata kuliah ini membahas berbagai teori-teori sosial dasar di dalam menggambarkan dinamika persoalan di seputar kehidupan sosial manusia sejak dahulu, kini dan masa datang. Dengan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menganalisa secara tepat dan cermat perkembangan dan dinamika ummat, dan dapat menempatkan dan membawah dirinya secara benar di tengah-tengah masyarakatnya sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya sebagai agen dari pembangunan bangsa.

·           Studi Kalam dan Tasawuf.  ( 2 SKS )    

Mata kuliah ini membahas tentang ilmu kalam dan Tasawuf serta perkembangannya, meliputi hakikat dan faktor-faktor yang mendorong timbulnya aliran-aliran dalam teologi Islam serta perkembangan dunia tasawuf, mulai dari zaman klasik hingga zaman modern. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan semakin, memperkokoh aqidahnya dan mendekatkan dirinya kepada Sang Kholiq sesuai ajaran dasar Islam.

·           Studi Al Qur'an.   ( 3 SKS )    

Mata kuliah ini lebih menekankan pembahasannya pada aspek metodologi pemahaman Al- Qur'an dengan berbagai aspek ilmu yang terkandung di dalamnya. Di samping itu, mata kuliah ini juga bertujuan agar mahasiswa mampu memahami dan mengkaji metodologi para mufassir dalam memahami dan menjelaskan kandungan ayat-ayat Al- Qur'an berdasarkan analisis yang tepat dan benar sesuai kaidah-kaidah penafsiran.

·           Studi Al Hadits. ( 3 SKS )   

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengkaji hadits-hadits nabawiyah secarta ilmiah dan mempunyai pengetahuan untuk mengkajinya secara selektif dan kritis dengan metode keilmuan hadits yang pas. Pendekatan lain yang digunakan adalah kajian hermeneutika sejarah sosial yang mengelilingi IMabi Muhammad Saw. sebagai latar belakang memahami hadits secara lebih tepat.

Di antara pembahasan mata kuliah ini adalah peranan dan kedudukan Muhammad Saw seba^ai Nabi dan Rasul, pemimpin ummat, hakim, pemimpin perang, dan sebagai manusia pada umumnya. Selain itu juga membahas keterkaitan antara Al- Hadits dengan Al- Quran. Mahasiswa juga diharapkan mampu membaca dan menganalisa teks-teks kajian kaum orientalis tentang hadits.

·           Studi Fiqh  ( 2 SKS )    

        Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman dasar tentang berbagai kajian dalam ilmu fiqh, mulai dari hakikat, sejarah dan perkembangannya maupun riiahtj lingkup pembahasannya. Secara umum, mahasiswa juga akan diberikan pemahaman tentang berbagai disiplin keilmuan dalam bidang fiqh sebagai modal awal sebelum rriencjkaji studi-studi fiqh secara lebih spesifik. Tujuan akhir dari mata kuliah ini, agar mahasiswa dapat menerapkannya di dalam kehidupannya sehari-hari.

·           Sejarah Peradaban Islam   ( 3 SKS )    

        Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan tentang sejarah peradaban Islam yang dicirikan dengan golden age, karakteristik peradaban Islam dari masa sahabat, masa kekhilafahan hingga saat ini, serta perkembangan sejarah peradaban Islam dan pengaruhnya terhadap peradaban-peradaban lainnya di dunia, termasuk peradaban Islam di Indonesia.

·           Teknologi Informasi (Komputer I)  ( 2 SKS)     

        Mata kuliah ini menekankan kepada mahasiswa supaya dapat mengetahui sejarah perkembangan komputer, manfaat dan jenis kompter, mahasiswa juga dapat mengindentifikasi etika, moral dan kesehatan serta keselamatan kerja (K3) dalam penggunaan perangkat teknologi informasi. Disampiang itu, mahasiswa mampu mengindetifikasi kompenen dasar perangkat keras seperti setting periferal, perangkat masukan, keluaran dan penyimpanan, begitupula perangkat lunak seperti sistem operasi.

 

b.     Prodi Ahwal Syakhsiyah

·           Pengantar Ilmu Hukum   (3 SKS)    

  Pembahasan mata kuliah ini dititikberatkan kepada ilmu hukum, mulai dari hakikat hukum, pembentukan dan penafsiran hukum, kodifikasi dan pembagian hukum, kaidah-kaidah hukum hingga politik hukum nasional. Dengan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami dasar-dasar ilmu hukum yang hidup di masyarakat saat ini.

                c.     Prodi Pendidikan Agama Islam.

·           Dasar–Dasar Kependidikan  (3 Sks)     TAR

 Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui Eksistensi manusia, manusia dan pendidikan, kepribadian manusia baik sebagai makhluk individu, sebagai makhluk sosial, manusia sebagai makhluk sosial maupun manusia sebagai makhluk beragama/berketuhanan. Pengertian ilmu pendidikan, aliran-aliran pokok dalam pendidikan, pandangan Islam tentang pendidikan, faktor-faktor pendidikan, lingkungan pendidikan, alat pendidikan, hubungan filsafat dengan pendidikan, guru, administrasi pendidikan dan tentang dasar, tujuan, fungsi pendidikan nasional. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa tentang dasar-dasar kependidikan.

 

 2.  Mata Kuliah Lingkup Kompetensi Utama.(MKU) 67 SKS

a.   Jurusan Syari’ah Program Studi Ahwal al-Syakhsyiah.

·          Hukum Kewarisan (3 SKS)

         Mata kuliah ini menekankan pembahasannya pada masalah hukum waris Islam menurUt Al- Quran dan Al- Hadits, hakikat dan pembagian harta waris untuk masing-masing ahli waris, beberapa kasus pembagian waris dan kaitannya dengan perundang-undangan di Indonesia, misalnya aturan waris dalam Kompilasi Hukum Islam di Indonesia. Dengan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memecahkan dan menyelesaikan perhitungan pembagian harta waris secara benar dan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat dalam menyelasaikan perkara waris.

·           Fiqh Munakahat  (2 SKS)

          Mata kuliah ini menekankan pembahasannya pada hakikat dan tujuan pernikahan dalam hukum Islam, persoalan-persoalan hukum yang timbul dari hubungan pernikahan dan akibat hukum dari putusnya pernikahan, yang kesemuanya dikaji dari sudut hukum Islam detigan Al- Quran dan Al- Hadits sebagai dasar hukum utama. Di samping itu, mahasiswa diharapkan dapat membekali dirinya untuk melaksanakan pernikahan dan dapat memberikan konseling pernikahan kepada keluarga dan masyarakat.

·        Hukum Ekonomi Islam (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang teori-teori hukum ekonomi Islam, dasar-dasar ekonomi Islam dan beberapa aturan hukum Islam yang berkaitan dengan persoalan ekonomi ummat serta masalah-masalah kontemporer hukum ekonomi Islam, seperti masalah asuransi dan investasi. Dengan mata kuliah ini pula, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan system dan teori ekonomi Islam dalam kehidupannya.

 

·        Zakat dan Wakaf di Indonesia (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup di seputar masalah hukum zakat dan wakaf, mulai dari kajian nash-nash Al Quran dan Al-Hadits tentang zakat, macam-macam zakat, dan kajian hukum seputar masalah-masalah zakat kontemporer, sampai kepada permasalahan perundang-undangan zakat dan wakaf di Indonesia serta dinamikanya di tengah masyarakat.

·        Ushul Fiqh I dan II (5 SKS)

Mata kuliah ini menekankan pembahasannya pada dalil-dalil syara' dan metodologi hukum yarig digunakan para mujtahid dalam memperoleh hukum. Karenanya, Ilmu ushul fiqh ini merupakan sarana untuk mengetahui hukum-hukum Allah pada setiap kasus sehingga dapat dipedomani dan diamalkan dengan sebaik-baiknya, melalui kaidah-kaidah ushul fiqh.

Melalui mata kuliah pula, mahasiswa diharapkan sudah menguasai cara-cara berijtihad, yaitu upaya menggali dan menemukan hukum yang berakar pada masyarakatnya melalui pemahaman terhadap "naskah suci" dengan menggunakan metodologi istinbath hukum Islam.

·        Tafsir Ahkam I dan II (6 SKS)

Mata kuliah ini lebih menekankan pembahasannya pada aspek metodologi pemahaman ayat-ayat Al- Quran yang berkenaan dengan masalah hukum, khususnya ayat-ayat hukum masalah ibadah dan muamalah, dengan berbagai istinbath hukum yang terkandung di dalamnya. Di samping itu, mata kuliah ini juga bertujuan agar mahasiswa mampu memahami dan mengkaji metodologi para mufassir dalam memahami dan menjelaskah kandungan ayat-ayat hukum dari Al- Quran berdasarkan analisis yang tepat dan benah sesuai kaidah-kaidah penafsiran.

·         Hadits Ahkam I dan II (6 SKS)

   Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengkaji hadits-hadits nabawiyah dalam bidang hukum secara ilmiah dan mempunyai pengetahuan untuk mengkajinya secara selektif dan kritis dengan metode keilmuan hadits yang pas. Pendekatan lain yang digunakan adalah kajian hermeneutika sejarah sosial yang mengelilingi Nabi Muhammad Saw. sebagai latar belakang memahami hadits secara lebih tepat.

  Di antara pembahasan mata kuliah ini adalah peranan dan kedudukan Muhammad Saw sebagai Nabi dan Rasul, pemimpin ummat, hakim, pemimpin perang, dan sebagai manusia pada umumnya. Selain itu juga membahas keterkaitan antara Al- Hadits dengan Al- Quran. Mahasiswa juga diharapkan mampu membaca dan menganalisa teks-teks kajian kaum orientalis tentang hadits.

 

·        Qawaid Fiqhiyah (2 SKS)

Mata kuliah ini membahasan persoalan dasar di seputar kaidah-kaidah yang digunakan oleh para jumhur ulama fiqh di dalam memecahkan dan menggali hukum-hukum fiqh, baik kaidah-kaidah kulliy maupun juz'iy. Dengan mata kuliah ini, diharapkan. mahasiswa semakin memiliki fundamen yang kuat di dalam menganalisis persoalan-persoalan fiqh.

·        Sejarah Peradilan Islam (2 SKS)

 Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan tentang sejarah peradilan Islam, mulai dari masa Rasulullah Muhammad, masa sahabat, tabi'in hingga golden age, karakteristik peradilan Islam dari masa sahabat/khulafaur rasyidun, masa kekhilafahan Islam hingga saat ini, serta perkembangan sejarah peradilan Islam dan pengaruhnya terhadap peradaban-peradaban lainnya di dunia, termasuk peradaban Islam di Indonesia.

·        Peradilan Agama Islam di Indonesia (2 SKS)

        Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan tentang peradilan Agama Islam di Indonesia, sejarah dan pembentukan peradilan Islam mulai dari masa penjajahan, zaman kemerdekaan, orde lama, orde baru dan perkembangan peradilan Islam saat ini.

·        Hukum Perdata (2 SKS)

Pembahasan dari mata kuliah ini ditekankan pada pemahaman hakikat hukum perdata Indonesia, sejarah KUH Perdata, materi hukum perdata dan sistematika hukum perdata menurut ilmu pengetahuan. Melalui mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu memamahi aturan-aturan hukum seputar tingkah laku setiap orang terhadap orang lain yang berkaitan dengan hak dan kewajiban yang timbul dalam pergaulan keluarga atau masyarakat.

 

·        Ilmu Falak (3 SKS)

Mata kuliah ilmu falak adalah ilmu yang membahas tentang berbagai macam hisab. Dengan bekal mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan perhitungan tentang penentuan waktu-waktu sholat, penentuan awal ramadhan, penentuan hari raya idul fitri dan idul adha dengan benar sesuai dengan system dan ketentuan hisab yang berlaku.

·          Hukum Acara Perdata (2 SKS)

         Mata kuliah ini menitikberatkan pembahasannya pada peraturan-peraturan hukum yang mengatur bagaimana menjamin ditaatinya hukum perdata materiil dengan perantaraan hakim, asas-asas hukum acara perdata, alat-alat bukti, cara mengajukan dan melaksanakan putusan hakim, dan masalah hal meminta perlindungan hukum terhadap haknya yang dilanggar oleh orang lain. Selain itu pula, diharapkan mata kuliah ini menjadi bekal bagi mahasiswa di dalam melakukan aktivitas beracara di peradilan.

·        Hukum Acara Peradilan Agama (2 SKS)

Mata kuliah ini menekankan pembahasannya pada segala peraturan, baik yang bersumber dari peraturan perundang-undangan Negara maupun dari syariat Islam yang mengatur bagaimana cara orang harus bertindak terhadap dan di muka Pengadilan. Agama dan tara bagaimana Pengadilan Agama tersebut menyelesaikan perkaranya, untuk mewujudkan hukum material Islam yang menjadi kekuasaan Peradilan Agama. Dengan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan agar mampu beracara di Pengadilan Agama pada khususnya.

·         Hukum Perdata Islam di Indonesia (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami tentang hukum Islam yang berlaku di Indonesia, khususnya masalah hukum perkawinan, kewarisan dan perwakafan, untuk dijadikan pedoman dalam berbuat dan menyelesaikan masalah keperdataan Islam di Indonesia.

·          Filsafat Hukum Islam (2 SKS)

Kajian utama mata kuliah ini adalah masalah peranan akal dan wahyu dalam menetapkan hukum Islam. Dengan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisa hukum Islam secara metodis dan sistematis sehingga mendapatkan keterangan yang mendasar, atau menganalisis hukum Islam secara ilmiah, sistematis ddn dapat dipertanggungjwabkan dengan filsafat sebagai alatnya.

·              Fiqh Kontemporer (3 SKS)

Dampak dari perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan serta pesatnya teknologi menghasilkan semakin beragam dan kompleksnya persoalan yang timbul di tengah-tengah ummat, termasuk persoalan-persoalan yang secara khusus atau jejas telah dikukuhkan hukumnya. Mata kuliah fiqh kontemporer ini memberi pemahaman kepada mahasiswa untuk menguasai hukum-hukum dari persoalan-persoalan kontemporer" yang terjadi dengan dalil hukum dan metodologi hukum yang jelas dan benar menurut kaidah yang berlaku.

·              Metodologi Penelitian (2 SKS)

Mata kulian ini memfokuskan pembahasannya pada metode, prosedur dan teknik penelitian secara umum, yang biasa dipergunakan dalam penelitian ilmu sosial dan ilmu natura. Perkuliahan diarahkan untuk memberikan bekal teori dan terapan kepada mahasiswa dalam rangka memecahkan masalah penelitian dengan pendekatan ilmiah.

Dengan bekal mata kuliah ini, mahasiswa juga diharapkan memahami konsep-konsep penelitian, meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap[ penyusunan laporan. Selain itu, untuk mendorong mahasiswa agar dapat melakukan praktik penelitian social keagamaan.

 

 

·              Metode Penelitian Hukum (2 SKS)

Mata kuliah ini lebih menekankan pembahasannya pada metodologi penelitian hukum, baik dengan metode kajian hukum sebagai nilai-nilai keadilan dan moralitas, kajian hukum positif, atau kajian sosiologis. Dengan bekal mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan akan dapat melakukan penelitian terhadap permasalahan-permasalahan hukum, baik hukum normative atau sosiologis, dapat mengolah dan menganalisis data secara tepat dan menuangkannya dalam bentuk laporan ilmiah tentang penelitian hukum yang dilakukannya, baik secara perorangan maupun secara tim.

·              Fiqh Perbandingan (2 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat perbandingan mazhab, sebab-sebab perbedaaan pendapat para Imam Mujtahid terhadap masalah yang diperselisihkan dalilnya yang dijadikan dasar bagi setiap pendapat. Dengan mata kuliah ini pula, diharapkan mahasiswa dapat menyadari dan meyakini akan ajaran agamanya, dan memperoleh hujjah yang jelas dalam melaksanakan ajaran agamanya dan toleran terhadap pendapat orang lain yang berbeda dengannya.

·              Membahas  Kitab (2 SKS)

Mata kuliah ini lebih menitikberatkan pada peningkatan kemampuan dan keahlian para mahasiswa di dalam membaca kitab-kitab gundul yang berbahasa Arab dengan benar sesuai kaidah Ilmu Nahwu dan Sharaf, dapat menerjemahkan bacaan kitab dengan benar, dan memahami kandungan bacaan kitab dengan tepat dan baik, khususnya kitab-kitab yang berkaitan dengan keperdataan Islam.

·              KKLP (4 SKS)

Kuliah Kerja Lapangan Profesi ini merupakan salah satu wujud dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu wujud pengabdian pada masyarakat di mana masing-masing mahasiswa diwajibkan untuk mengaplikasikan dan mengajarkan disiplin keilmuan yang telah didapatkannya selama di bangku kuliah pada institusi terkait dan di tengah-tengah masyarakat selama 30 hari kerja.

·               Skripsi (6 SKS)

Mata kuliah ini merupakan tugas akhir bagi seorang mahasiswa di dalam menyelesaikan tugas perkuliahannya dengan mengkaji secara sistematis dengan metodologi penelitian tertentu yang dipakai di dalam membahas persoalan-persoalan dasar yang menjadi objek penelitiannya dan dituangkan dalam bentuk skripsi.

 

b.            Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam.

·                Ilmu Pendidikan (2 SKS)

 Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa agar dapat mengetahui berbagai aspek yang berkitan dengan pendidikan secara umum, sebagai suatu sistem dalam kegiatan pendidikan, serta memberikan perbandingan antara pendidikan  baik pendidikan  Islam maupun Pendidikan secara umum..

·                Ilmu Pendidikan Islam ( 3 Sks )

 Dalam mata kuliah ini dijelaskan tentang: Pengertian dan ruang lingkup pendidikan Islam, dasar dan tujuan ilmu pendidikan Islam, asas-asas pendidikan Islam, batas-batas pendidikan Islam, alat-alat pendidikan Islam, lapangan pendidikan Islam, wewenang dan tanggungjawab pendidikan Islam, faktor-faktor pendidikan Islam, sistem pendidikan Islam, aliran-aliran dalam pendidikan Islam, pendidikan Islam zaman Nabi, Sahabat, Bani Umayyah dan Abbas, pendidikan Islam di Indonesia, konfrensi pendidikan Islam sedunia: Rumusan tentang pendidikan Islam, aspek-aspek pendidikan Islam dalam hal aqidah, ibadah dan akhlaq.  Tujuan umum mata kuliah ini ialah diharapkan agar mahasiswa dapat memahami berbagai aspek yang berhubungan dengan pendidikan Islam sebagai suatu sistem serta mengaplikasikannya dalam kegiatan pendidikan.

·              Profesi Kependidikan (2 Sks)

    Mata kuliah ini membahas pengertian, saran sikap profesional, pengembanagan sikap profesional , syarat-syarat profesi, kode etik profesi keguruan, organisasi profesional keguruan. Tujuannya agar mahasiswa sebagai calon guru memiliki profesionalisme pada semua aspek di bidang kependidikan.

·              Administrasi dan Supervisi Pendidikan (2 Sks)

Mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui Pengertian dan konsep Administrasi pendidikan, fungsi administrasi pendidikan, lingkup bidang garapan administrasi pendidikan  dasar dan menengah, peranan guru dalam administrasi pendidikan serta peranan  guru dalam administrasi sekolah seperti ; kurikulum, pengembangan kurikulum, pelaksanaan kurikulum administrasi kesiswaan, penarapan administrasi prasarana dan sarana, administrasi personal, administrasi keuangan sekolah menengah, administrasi hubungan skolah dengan masyarakat (Husemas) dan administrasi layanan khusus.

·              Materi Pengajaran PAI (2 Sks)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengajarkan materi Thaharah, wudhu, tayammum, shalat, macama-macam shalat, hikmah shalat, shalat jenazah, rukun shalat, zakat, puasa, haji, jual beli, nikah, akhlakul karimah, tasawuf, akal dan wahyu dan fungsi wahyu, mawaris, pengertian baik-buruk, ukuran baik-buruk dan berbagai aliran tentang baik-buruk, aspek-aspek yang mempengaruhi pembentukan akhlakukl mulia. Kekuasaan dan Tuhan, keadilan Tuhan perbuatan-perbuatan Tuhan, sifat-sifat Tuhan dan lain-lain.

·              Strategi Belajar Mengajar (3 Sks)

Inti materinya : Pengertian strategi belajar mengajar, cara belajar siswa aktif, keterampilan, proses dan metode-metode mengajar, ciri-ciri, tujuan asas-asas dan prinsip-prinsip umum yang menjadi dasar pemilihan pembelajaran pendidikan agama islma, latihan penggunaan matode-metode mengajar yang tepat untuk bidang studi pendidikan agam Islam, latihan-latihan penggunaan strategi mengajar yang tepat untuk bidang studi PAI.

·               Metodologi Pengajaran PAI (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian metodologi Pengajaran PAI, Syarat-syarat seorang guru dalam mengajar, metode-metode yang harus dimiliki oleh guru dalam mengajarkan mata pelajaran PAI, serta teknik membuat satuan pelajaran (SP), sehingga guru dapat membawakan materi pelejaran dengan baik dan mudah dipahami oleh murid.

·                Media Pembelajaran PAI (Lab. Pembelajaran) (2 SKS)

 Mata Kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan tentang teori-teori tentang penggunaan media pembelajaran secara efektif dan efesien, sehingga mampu menggunakan bergabagai macam media pembelajaran PAI di depan kelas   yang memudahkan anak didik dalam memahami pelajaran PAI.

·              Belajar dan Pembelajaran (2 Sks)

Pengertian belajar dan pembelajaran, upaya-upaya dalam memotivasi belajar dan mengajar, menguasai beberapa teori-teori belajar dan pembelajaran mampu menerapkan dalam pembelajaran di SLTP/MTs. Beberapa metode dan teknik mengajar keterampilan-keterampilan memberikan struktur suatu jam pelajaran, umpan balik, mengatur tempo mengajar dan keterampilan dalam pengembangan/ memodifikasi variasi / cara / teknik mengajar.

·              Bimbingan dan Penyuluhan (2 Sks)

Mata kuliah ini memberikan Pengertian tentang bimbingan dan konseling, peranan bimbingan dan konseling dalam pendidikan sekolah, tujuan bimbingan dan konseling di sekolah, peranan bimbingan dan konseling dalam pembelajaran siswa, landasan bimbingan dan konseling, prinsif-prinsif operasionalisasi bimbingan dan konseling di sekolah, asas-asas bimbingan dan konseling, kode etik bimbingan dan konseling, program bimbingan di sekolah, peranan guru dalam pelaksanaan bimbingan di sekolah, kerjasama guru dengan konselor dalam layanan bimbingan.

·  Pengembangan Sistem Evaluasi PAI (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh wawasan tentang kegiatan evaluasi dan pengukuran pendidikan sebagai suatu kegiatan integral dalam kegiatan belajar mengajar, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar dalam merencanakan dan melakukan kegiatan evaluasi pendidikan serta menafsirkan dan memanfaatkan hasilnya dalam konteks kegiatan belajar mengajar dan mampu mengembangkan alat evaluasi terutama tes prestasi belajar.

·              Psikologi Pendidikan (3 Sks)

                        Dengan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mengetahui hakekat perkembangan anak didik, pengertian perkembangan versus pertumbuhan anak sebagai totalitas, perkembangan sebagai suatu proses holistik, biologis, sosial dan psikologis, faktor kematangan dan pengalaman dalam perkembangan anak kontinuisitas versus diskontinuisitas perkembangan, faktor hereditas dan lingkungan dalam perkembangan anak, perkembangan fisik dan perseptual anak, inplikasi proses belajar anak terhadap perkembangan KBM, pengertian kecerdasan dan kreativitas anak, faktor-faktor kecerdasan dalam belajar dan perkembangan anak, klasifikasi kecerdasan, faktor kreativitas dan pengembangannya dalam KBM, perekembangan bahasa, pengertian bahasa, bahasa sebagai warisan biologis dan lingkungan, peranan kognisi dalam perkembangan bahasa anak, beberapa teori dan tahaf-tahaf perkembangan bahasa anak dan inplikasi bagi KBM, motivasi, pengertian dan jenis motif, beberapa teori motivasi, klasifikasi motif-motif, hirarkhi dan perkembangan motif, inplikasi motif anak terhadap KBM. Perkembangan sosial dan pribadi anak, perkembangan emosi dan hubungan pertemanan, perkembangan diri, perkembangan kesadaran identitas jenis (gender identity), perkembangan moral dan inplikasinya bagi pengembangan lingkungan belajar yang kondusif, dan tri pusat pendidikan anak.

·  Menejmen Kelas (2 Sks) (MKU)

     Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa menguasai tata cara dan tehnik pengelolaan kelas yang dapat menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar. Materinya: Perencanaan kesiswaan, penerimaan siswa baru, pengelompokan siswa, kehadiran siswa, pembinaan  kedisiplinan siswa, kenaikan kelas dan penjurusan, perpindahan siswa, kelulusan dan alumni, pelaksanaan ekstra dan materi kelas, perinsip pengaturan ruang dan bangunan kelas, kriteria kelas yang baik, perinsip pengelolaan kelas yang baik, pemeliharaan perlengkapan dan sarana kelas yang baik, jadwal dan kegiatan rutin kelas, kelengkapan administrasi lainnya.

 

·              Perkembangan Peserta Didik (3 Sks) (MKU)

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang fase-fase dialami oleh seorang anak didik dalam proses pendidikan mulai dari masa kanak-kanak sampai dewasa sehingga gura mampu mengetahui proses perkembangan dan pertumbuhan peserta didik. Materinya meliputi: Pengertian perkembangan. Istilah pertumbuhan dan perkembangan, ruang lingkup perkembangan, metode-metode perkembangan, masalah perkembangan, teori perkembangan, hukum perkembangan, hakikat, faktor dan tugas-tugas utama perkembangan, periode-periode perkembangan, masa intra uterin dan masa bayi, masa anak-anak, masa anak sekolah, masa remaja dan masa adoksen, harpan terhadap remaja, peranan orang tua, hubungan orang tua anak dalam perkembangannya.

 

·              Sejarah Pendidikan Islam (2 Sks) (MKU)

Melalui materi kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memahami seluk beluk pendidikan Islam dari segi historisnya sejak awal pembinaan hingga pertumbuhan dan perkembangannya sampai sekarang. Pemahaman yang dimaksud meliputi: pengertian sejarah pendidikan Islam, objek sejarah pendidikan Islam, kegunaan sejarah pendidikan Islam, periodisasi sejarah pendidikan Islam, masa pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, pendidikan masa Rasulullah SAW, pendidikan pada masa Al khulafaul Al Rasyidin, pendidikan pada masa bani Umayyah, masa kejayaan pendidikan Islam, latar belakang sosial politik, perkembangan lembaga pendidikan Islam, berdirinya madrasah-madrasah, sarjana-sarjana pendidikan Islam, pendidikan wanita, pendidikan Islam pada masa kemunduran, faktor-faktor penyebab kemunduran, profil pendidikan Islam masa kemunduran, beberapa ulama terkenal masa kemunduran. Pendidikan Islam masa pembaharuan : pemikiran, pola pembaharuan pendidikan Islam, pendidikan Islam masa kerajaan Islam di Sumatera, seputar masuknya Islam di Indonesia, pendidikan Islam masa permulaan di Indonesia ke pulau Jawa, pendidikan Islam masa Wali Songo, pendidikan Islam masa pendudukan Jepang, pendidikan Islam masa kebangkitan, pendidikan Islam masa kemerdekaan, Islam masa orde baru.

·               Tafsir II (3 SKS) MKU

Mata kuliah ini lebih menekankan pembahasannya pada aspek metodologi pemahaman ayat-ayat Al- Quran yang berkenaan dengan masalah pendidikan Islam, khususnya ayat-ayat pendidikan Islam, dengan berbagai metodologi pendidikan yang terkandung di dalamnya. Di samping itu, mata kuliah ini juga bertujuan agar mahasiswa mampu memahami dan mengkaji metodologi para mufassir dalam memahami dan menjelaskah kandungan ayat-ayat pendidikan Islam dari Al- Quran berdasarkan analisis yang tepat dan benah sesuai kaidah-kaidah penafsiran.

 

·               Hadits II (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengkaji hadits-hadits nabawiyah dalam bidang Pendidikan Islam secara ilmiah dan mempunyai pengetahuan untuk mengkajinya secara selektif dan kritis dengan metode keilmuan hadits yang pas. Pendekatan lain yang digunakan adalah kajian hermeneutika sejarah sosial yang mengelilingi Nabi Muhammad Saw. sebagai latar belakang memahami hadits secara lebih tepat.

Di antara pembahasan mata kuliah ini adalah peranan dan kedudukan Muhammad Saw sebagai Nabi dan Rasul, pemimpin ummat, hakim, pemimpin perang, dan sebagai manusia pada umumnya. Selain itu juga membahas keterkaitan antara Al- Hadits dengan Al- Quran. Mahasiswa juga diharapkan mampu membaca dan menganalisa teks-teks kajian kaum orientalis tentang hadits.

 

·              Filsafat Pendidikan Islam (2 Sks)

Mata kuliah ini membahas tentang Pengertian filsafat pendidikan Islam, pemikiran berprinsip filosofis, perbedaan pemikiran berprinsip hipotesis dan teoritis, perbedaan pemikiran filosofis dengan pemikiran hipotesis dan teoritis kearah perkembangan di jurusan Tarbiyah berdasarkan firman Allah dan karunia Allah ; perbedaan pendidikan Islam dengan pendidikan       "Barat" dari sisi metodologi keIslaman pengembangan asfek filosofis pendidikan Islam pemikiran pendidikan Islam berdasarkan Al Qurán hadist. Sumber filsafat pemikiran Islam, dasar, tujuan kurikulum, metode pendidikan Islam. Tujuannya ialah agar mahasiswa mengetahui berbagai bentuk pemikiran yang dikemukakan oleh para pakar dan filosof di bidang pendidikan Islam.

·  Kapita Selekta Pendidikan  (2 Sks)

 Tujuannya ialah:

-   Agar mahasiswa memahami hak-hak yang berkaitan dengan ibadah, masalah muamalah, perkawinan dan kewarisan dalam Islam untuk dapat diamalkan dan dapat kembangkan di masyarakat.

-   Agar mahasiswa memahami masalah-masalah pokok di sekitar nilai baik buruknya tingkah laku manusia dan memahami esensi, upaya dan ide serta praktek yang berkembang dalam tasawuf.

-   Agar mahasiswa memahami dan melakukan analisis serta evaluatif terhadap antar berbagai aliran teologis dalam Islam dan agar mahasiswa memahami dengan baik tentang penetapan hukum Islam dan   perkembangannya sejak masa Nabi sampai sekarang untuk menguatkan rasa keterkaitannya dengan hukum Islam.

Materinya: Sistem pendidikan nasional dan peranan pendidikan agama di dalamnya: problematika-problematika pendidikan agama; Integrasi kurikulum pendidikan agma ke dalam pelajaran lain, dampak perkembangan teknologi komunikasi informasi bagi pendidikan agama, masalah-masalah keimanan, pergaulan antara muslim dan non muslim, pergaulan sesama muslim dan usaha-usaha kesejahteraan sosial, perubahan biologi, fisika dan kimia.

 

·              Perencanaan Sistem Pengajaran PAI ( 3 Sks ) ( MKU )

Materi ini bertujuan agar mahasiswa dapat memiliki pengetahuan tentang perencanaan pendidikan agama Islam pada sebuah lembaga madrasah/sekolah berdasarkan pendekatan sistem. Inti Materi: Pengertian, fungsi, tujuan perencanaan pengajaran, pendekatan sistem dalam pendidikan, ruang lingkuppendidikan agama Islam, pendidikan agama sebagai suatu sistem, menilai kebutuhan peserta didik (needs assesment), merumuskan tujuan intraksional, mengembangkan tes kriteria, menganalisis tugas (tesk analysis), membuat desain pembelajaran (pendidikan), merancang evaluasi program PAI, merancang pengolahan hasil evaluasi PAI.

 

·              Pengembangan Kurikulum PAI  ( 3 Sks )

Tujuannya ialah agar mahasiswa dapat memiliki pengetahuan tentang hakekat kurikulum pendidikan agama Islam dan proses pengembangannya serta keterampilan menelaah kurikulum pendidikan agama Islam di suatu madrasah/sekolah berdasarkan pendekatan sistem. Materinya: Kedudukan kurikulum dalam proses pendidikan, komponen-komponen kurikulum, analisis sistem dalam pengembangan kurikulum, langkah-langkah dalam pengembangan kurikulum, model-model dalam pengembangan kurikulum, kriteria untukmengevaluasi kurikulum, telaah kritis pengembangan kurikulum sekolah umum dan madrasah di Indonesia dan poerbandingan isi dan tujuan PAI dalam kurikulum sekolah umum dan madrasah.

 

·        Menejmen Lembaga Pendidikan Islam ( 2 SKS )

Prosfek mata kuliah ini, agar mahasiswa dapat mengetahui manajemen lembaga penddikan Islam, strategi Implementasinya Serta manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Memahami kepemimpinan madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam, dan mempererat hubungan lembaga pendidikan Islam dengan masyarakat. Selanjutnya dapat memahami dan melaksanakan perencanaan pendanaan lembaga pendidikan Islam. Serta memahami faktor pendukung keberhasilan  Menejemn Lembaga Pendidikan Islam, baik dari segi kekuatan dan peluangnya. 

 

·  Statistik Pendidikan  ( 3 Sks )  

Dengan mata kuliah ini mahasiswa diarahkan untuk memiliki pengertian dasar tentang statistik, baik statistik deskriptif maupun statistik inferensial, serta mampu menerapkan konsep-konsep statistik dalam bidang penelitian pendidikan, evaluasi pendidikan dan administrasi pendidikan. Materinya: Pengertian dan penggolongannya: Fungsi dan kegunaan statistik, ciri khas statistik, data statistik, pengertian, penggolongan dan sifat-sifatnya, teknik pengumpulan dan instrument pengumpulan data statistik, teknik analisis data statistik dengan menggunakan distribusi frekwensi, tabel distribusi frekwensi, pengertian, penggolongan dan cara pembuatannya, teknik grafik (diagram), pengertian, penggolongannya dan cara pembuatannya, teknik analisis data statistik dengan menggunakan ukuran-ukuran tendensi pusat data, cara mencari (menghitung mean), median dan modus, teknik analisis data statistik dengan ukuran-ukuran variabilitas data, cara mencari range, deviasi rata-rata, deviasi standar, teknik analisis korelasional, pengertian, tujuan dan penggolongannya, teknik-teknik analisis korelasional bivariat (teknik korelasi product moment, range order, phi teknik-teknik analisis korelasi multivariat, filsafat modern (aliran-aliran, corak pemikiran), teknik-teknik analisis komporsional bivariat (”T” test dan chi square test), teknik-teknik analisis multivariat, pengertian, tujuan dan penggolongannya, teknik analisis varian (anava) dan teknik analisis kovarian (anakova).

 

·               Ilmu Jiwa Belajar (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami gejala-gejala jiwa dalam kaitannya dengan proses pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan jiwa peserta didik. Adapun materinya: Pengertian ruang lingkup dan obyek ilmu jiwa belajar, hakikat hidup beragama dari segi kejiwaan, pengalaman-pengalaman dan  pemahaman tentang agama serta faktor internal dan eksternalnya.

 

·  KKLP  ( 4 Sks )

Kuliah Kerja Lapangan Profesi (KKLP) bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal lapangan kerja (sekolah) secara langsung, melakukan praktek mengajar di kelas dan mengaplikasin  pengetahuan agamanya di tengah-tengah masyarakat. Materinya meliputi: Keterampilan menerapkan hasil-hasil observasi (pengamatan) mengenai karakteristik siswa, guru serta berbagai variabel instruksional lainnya, praktek latihan penyusunan perencanaan mengajar untuk bidang studi PAI dan mensinkronisasikannnya dengan berbagai strategi mengajar, teknik mengajar, alat/media pembelajaran, praktek menyusun dan mengadministrasikan tentang berbagai alat evaluasi yang cocok/tepat digunakan, praktek menyusun dan mengadministrasikan kurikulum dan berbagai hal tentang administrasi kesiswaan, kemampuan menyusun laporan hasil KKLP dengan format yang sudah ditentukan.

·               Skripsi (6 SKS)

Mata kuliah ini merupakan tugas akhir bagi seorang mahasiswa di dalam menyelesaikan tugas perkuliahannya dengan mengkaji secara sistematis dengan metodologi penelitian tertentu yang dipakai di dalam membahas persoalan-persoalan dasar yang menjadi objek penelitiannya dan dituangkan dalam bentuk skripsi.

      

2.      Mata Kuliah Kompetensi Pendukung (MKP) 37 SKS

a.        Jurusan Syari’ah Program Studi Ahwal al-Syakhsyiah.

·          Ilmu Negara (2 SKS)

            Ilmu Negara yang menyelidiki pengertian-pengertian pokok dan sendi-sendi pokok negara yang berlaku setiap negara di dunia. Dari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami asal mula negara, sifat dan hakikat negara, syarat dan konstitusi negara, bentuk-bentuk negara dan pemerintahan dan juga mengenai sejarah tipe-tipe pokok negara.

·           Filsafat Islam (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami hakikat filsafat Islam, sejarah filsafat Islam, dan mengenal para filosof Muslim dengan berbagai corak pemikiran.falsafi seperti Al- Kindi, Al- Farabi, Ibnu Sina, Al- Ghazali, Ibnu Thufail, Ibnu Rusyd dan yang lainnya, serta pengaruh filsafat Yunani dalam perkembangan filsafat Islam.

Dengan bekal mata kuliah ini pula, mahasiswa diharapkan mampu menganalisa ajaran-ajaran Islam secara metodis dan sistematis sehingga mendapatkan keterangan yang mendasar, atau menganalisis persoalan ummat secara ilmiah, sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan dengan filsafat sebagai alatnya.

·    Hukum Pidana Islam (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang segi-segi kepidanaan dalam hukum Islam, dengan pendekatan ilmiah dan sesuai dengan perkembangan zaman. Materi-materi utama yang dibahas, mulai dari jarimah, sumber aturan pidana Islam, kaidah-kaidah hukum dalam pidana Islam, asas-asas hukum pidana Islam, pertanggungjawaban pidana dan hukuman dalam hukum pidana Islam serta sebab-sebab hapusnya hukuman dalam Pidana Islam.

·    Logika/Mantiq (2 SKS)

Mata kuliah ilmu mantiq atau logika ini diajarkan kepada mahasiswa agar menjadi bekal dasar dalam memahami kerangka berfikir ilmiah, dialektika komunikasi ilmiah, dan mengaplikasikannya di dalam menyampaikan ilmu yang dimilikinya. Di samping itu, dengan ilmu mantiq atau logika ini, mahasiswa dapat memahami dan menganalisis terminology ilmu-ilmu pengetahuan.

·  Hukum Pidana (2 SKS)

Mata kuliah ini menekankan pokok bahasannya pada hakikat, tujuan dan pembagian hukum pidana, macam-macam perbuatan pidana dan jenis hukumannya, sistematika KUHP dan asas-asas yang dikandungnya. Dengan bekal mata kuliah ini pula, mahasiswa diharapkan mampu memahami peraturan-peraturan hukum yang mengatur tentang pelanggaran dan kejahatan terhadap kepentingan umum.

·              Hukum Acara Pidana (2 SKS)

Pokok bahasan dari mata kuliah ini adalah memahami pengertian, tujuan, fungsi, asas, pihak-pihak, alat-alat bukti serta proses pelaksanaan hukum acara pidana dalam tata hukum Indonesia. Dengan bekal mata kuliah ini, mahasiswa mampu memahami peraturan hukum tentang bagaimana cara alat-alat perlengkapan pemerintah melaksanakan tuntutan, memperoleh keputusan pengadilan, oleh siapa keputusan, pengadilan itu musti dilaksanakan, jika ada seseorang atau sekelompok orang yang melakukan perbuatan pidana.

·              Hukum Adat (2 SKS)

Mata kuliah ini menitikberatkan pembahasannya pada hakikat dan sejarah hukum adat, sistem hukum adat, dan asas-asas hukum adapt, baik yang berkaitan dengan hukum perorangan maupun hukum adat kekeluargaan, mulai dari adat perkawinan, hukum waris, hukum tanah dan hukum hutang piutang. Dengan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang hukum adapt yang hidup di tengah masyarakat, terlebih lagi bangsa Indonesia terkenal dengan kekayaan adapt istiadatnya.

·              Hukum Agraria (2 SKS)

Pokok bahasan dari mata kuliah ini adalah pemahaman tentang hakikat, asas-asas dan sejarah hukum agrarian serta macam-macam hak atas tanah menurut Undang-Undang No. 5 tahun 1960 (UUPA). Melalui mata kuliah ini juga, mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menganalisa keseluruhan kaidah hukum yang mengatur masalah agrarian, baik hukum tertulis maupun hukum yang tidak tertulis.

·              Hukum Dagang (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami hakikat hukum dagang dan sejarah KUH Dagang, hubungan KUH Dagang dengan KUH Perdata. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat memahami aturan-aturan hukum yang mengatur hubungan orang yang satu dan yang lainnya, khususnya dalam hal perniagaan.

·              Pengantar Tata Hukum Indonesia (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa di dalam memahami tata hukum Indonesia dengan berbagai jenis hukum yang ada dengan politik hukum di dalamnya. Dengan mempelajari mata kuliah ini berarti mahasiswa sudah mempelajari keseluruhan peraturan yang berlaku di Negara Indonesia atau mempelajari hukum positif Negara ini. Dalam bahasa lain, mahasiswa diharapkan telah memahami seluruh peraturan yang mengatur tata kehidupan Negara dan masyarakat Indonesia.

·              Filsafat Umum (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami hakikat filsafat umum (Yunani dan Barat), sejarah filsafat Yunani dan filsafat Barat, dan mengenal para filosof Yunani, Hellenisme, anad modern, abad transisi dan pencerahan, hingga filosof abad XX dengan berbagai corak pemikiran falsafi seperti Aristoteles, Plato, Socrates, Thomas Hobbes, Hegel, August Comte, dan yang lainnya, serta pengaruh filsafat Yunani dalam perkembangan filsafat modern.

Dengan bekal mata kuliah ini pula, mahasiswa diharapkan mampu menganalisa ajaran-ajaran ilmu pengetahuan secara metodis dan sistematis sehingga mendapatkan keterangan yang mendasar, atau menganalisis persoalan ummat secara ilmiah, s dan dapat dipertanggungjwabkan dengan filsafat sebagai alatnya.

 

·              Hukum Perdata Internasional (2 SKS)

Tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengertian, sejarah, sumber dan subjek hukum perdata internasional, serta hubungan hukum perdata internasional dan hukum perdata nasional. Dengan demikian, melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memahami Hukum Perdata Internasional, fungsinya dalam hubungan internasional yang meliputi kekeluargaan, pribadi dan perikatan, serta kaidah-kaidah penunjuk dalam aplikasinya.

·                             Antropologi Hukum (2 SKS)

               Merupakan spesialisasi antropologi budaya secara khusus menyoroti segi kebudayaan manusia yang berkaitan dengan masyarakat sebagai alat pengendali sosial. Mata kuliah ini disajikan kepada mahasiswa agar mampu memahami budaya hukum masyarakat mulai dari masyarakat sederhana sampai masyarakat modern. Pembahasan mata kuliah ini mempelajari prilaku manusia dan budaya hukum dari segi historis, normatif, idiologis. Deskriftif prilaku manusia dengan melukiskan kejadian hukum nyata dan mempelajari kasus atau peristiwa hokum yang trjadi dalam masyarakat.

·              Hukum Perburuhan dan Ketenagakerjaan ( 2 SKS)

Tujuan akhir dari pemberian mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami hakikat hukum perburuhan, buruh dan majikan, hubungan kerja, undang-undang ketenagakerjaan, perjanjian kerja dan perburuhan, pemutusan hubungan kerja dan perselisihan perburuhan.

·                             Hukum Tata Negara  (2 SKS)

Pokok bahasan utama dari mata kuliah ini adalah pengertian hukum tata Negara, sejarah ketatanegaraan Republik Indonesia, fungsi dan hubungan antar lembaga tertinggi dan lembaga tinggi Negara, susunan dan wewenang dari masing-masing lembaga kenegaraan. Mata kuliah ini pula diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang peraturan hukum yang mengatur tentang bentuk Negara dan pemerintahan serta alat-alat perlengkapan organisasi Negara.

·              Sosiologi Hukum (2 SKS)

Mata kuliah ini menekankan pembahasannya pada hukum sebagai salah satu gejala sosial dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan yang senantiasa berkembang. Selain itu, dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengkaji dan menganalisa secara empiris hubungan timbale balik antara hukum dengan gejala-gejala sosial lainnya. Hal ini juga membantu mahasiswa di dalam memecahkan persoalan hukum baru yang timbul di tengah-tengah ummat.

 

·               Kriminologi (2 SKS)

Krimininologi merupakan bagian dari ilmu hukum pidana yang secara khusus membahas mengenai perbuatan kejahatan sebagai gugatan tujuan akhir dari mata kuliah  kriminologi, diamana mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai  sebab terjadinya kejahatan, penyelesaian kejahatan dan pemindahan perbuatan kejahatan.

·               Hukum Administrasi Negara (2 SKS)

Sasaran utama mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu memahami prinsip-prinsip pokok di dalam Hukum Administrasi Negara yaitu: aktifitas administrasi negara, kewenangan administrasi negara dalam membuat suatu kebijaksanaan baik berupa wewenang atribusi, pelimpahan/delegasiu.mandat, bahkan wewenang darurat administrasi, aturan-aturan dasar yang mengatur hubungan antara badan-badan administrasi negara yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

 

b.)          Program Studi Pendidikan Agama Islam.

 

·               Ushul Fiqh I dan II (5 SKS)

Mata kuliah ini menekankan pembahasannya pada dalil-dalil syara' dan metodologi hukum yang digunakan para mujtahid dalam memperoleh hukum. Karenanya, Ilmu ushul fiqh ini merupakan sarana untuk mengetahui hukum-hukum Allah pada setiap kasus sehingga dapat dipedomani dan diamalkan dengan sebaik-baiknya, melalui kaidah-kaidah ushul fiqh.

Melalui mata kuliah pula, mahasiswa diharapkan sudah menguasai cara-cara berijtihad, yaitu upaya menggali dan menemukan hukum yang berakar pada masyarakatnya melalui pemahaman terhadap "naskah suci" dengan menggunakan metodologi istinbath hukum Islam.

 

·              Filsafat Umum (2 Sks)

Perkuliahan filsafat umum bertujuan agar mahasiswa dapat menguasai dasar pemikiran filsafat sejak awal perkembangannya sampai munculnya masa renaissance serta relasinya dengan ilmu pengetahuan. Materinya: Pengertian, objek, metode, struktur pembahasan filsafat, sistematisasi pembagian filsafat, hellenisme, isi pemikiran metologi: Tuhan, manusia dan alam, filsafat yunani kuno, problem utama/awal filsafat, pramateriolistik, filsafat alam, ideolismeplato, realisme aristoteles, atomisme, tuhan dalam pandangan filsafat yunani kuno, filsafat patristik, skolastik, filsafat Islam, renainssance dan humanisme, awal perkembangan filsafat modern, emprisme, positivisme, pragmatisme, fenomonologi, eksistensiolisme.

·               Filsafat Islam (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami hakikat filsafat Islam, sejarah filsafat Islam, dan mengenal para filosof Muslim dengan berbagai corak pemikiran.falsafi seperti Al- Kindi, Al- Farabi, Ibnu Sina, Al- Ghazali, Ibnu Thufail, Ibnu Rusyd dan yang lainnya, serta pengaruh filsafat Yunani dalam perkembangan filsafat Islam.

Dengan bekal mata kuliah ini pula, mahasiswa diharapkan mampu menganalisa ajaran-ajaran Islam secara metodis dan sistematis sehingga mendapatkan keterangan yang mendasar, atau menganalisis persoalan ummat secara ilmiah, sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan dengan filsafat sebagai alatnya.

·               Tafsir I / Kependidikan (3 SKS)

Mata kuliah ini lebih menekankan pembahasannya pada aspek metodologi pemahaman ayat-ayat Al- Quran yang berkenaan dengan masalah pendidikan Islam, khususnya ayat-ayat pendidikan Islam, dengan berbagai metodologi pendidikan yang terkandung di dalamnya. Di samping itu, mata kuliah ini juga bertujuan agar mahasiswa mampu memahami dan mengkaji metodologi para mufassir dalam memahami dan menjelaskah kandungan ayat-ayat pendidikan Islam dari Al- Quran berdasarkan analisis yang tepat dan benah sesuai kaidah-kaidah penafsiran.

·               Hadits I / Kependidikan (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengkaji hadits-hadits nabawiyah dalam bidang Pendidikan Islam secara ilmiah dan mempunyai pengetahuan untuk mengkajinya secara selektif dan kritis dengan metode keilmuan hadits yang pas. Pendekatan lain yang digunakan adalah kajian hermeneutika sejarah sosial yang mengelilingi Nabi Muhammad Saw. sebagai latar belakang memahami hadits secara lebih tepat.

Di antara pembahasan mata kuliah ini adalah peranan dan kedudukan Muhammad Saw sebagai Nabi dan Rasul, pemimpin ummat, hakim, pemimpin perang, dan sebagai manusia pada umumnya. Selain itu juga membahas keterkaitan antara Al- Hadits dengan Al- Quran. Mahasiswa juga diharapkan mampu membaca dan menganalisa teks-teks kajian kaum orientalis tentang hadits.

·              Ilmu Jiwa Agama (2 Sks)

Tujuannya adalah agar mahasiswa memahami dasar-dasar psikologi agama sebagai bekal pengetahuan dalam melaksakan tugasnya sebagai guru, baik di sekolah maupun di masyarakat. Mateinya meliputi: Pengertian, ruang lingkup dan objek ilmu jiwa agama, hakikat hidup beragama dari segi kejiwaan, pengalaman dan aktualisasi nilai fitrah agama pada balita, pengalaman dan aktualisasi nilai agama pada anak dan remaja, nilai-nilai agama orang dewasa, pemahaman agama antara simbol-simbol ritual dan makna esensial, pendidikan aqidah dari segi kejiwaan. Faktor Eksternal dan Internal dalam internalisasi nilai agama, faktor kaidah dalam perubahan perilaku agama, reward, pernishment dan reinforment nilai agama dan penelitian proses belajar agama.

 

·              Teknik Penulisan Karya Ilmiah (2 Sks)

Mata kuliah ini mahasswa dapat mengetahui pengertian karya tulis ilmiah, perbedaan karya tulis ilmiah dengan tulisan biasa, serta  memilih tema/topik, karangan, tujuan mengarang, wajah karangan, judul karangan, langkah pertama dalam mengarang, bekal mengarang, sikap sebelum menyusun karya tulis ilmiah, bahasa dalam kareya ilmiah. Cara memperoleh data/informasi, tanda baca, kata dan kalimat dalam karya ilmiah, tahap penegasan ide, tahap penulisan karya ilmiah.

·              Menejmen Pendidikan  ( 2 SKS )

Penawaran mata kuliah ini, agar mahasiswa dapat memehami tentang perencanaan dan pengorganisasian pendidikan,  mengarahkan dan mengawasi tentang sistem pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan menurut UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

·              Metodologi Penelitian (3 Sks)

Tujuan umum mata kuliah ini ialah agar mahasiswa mampu memahami cara-cara melaksanakan penelitian tentang gajala agama dalam kehidupan sosial, secara kualitatif dan kuantitatif sederhana, kelak diharapkan dapat dimanfaatkan untuk melakuakan penelitian ilmiah dalam rangka studi ilmu-ilmu keIslaman, khususnya tugas penyusunan skripsi. Materinya meliputi: Pengertian dan pentingnya metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian ilmiah, metodologi penelitian kuantitif dan kualitatif, tahapan-tahapan penelitian, perencanaan penelitian, pelaksanaan penelitian, penulisan laporan penelitian, menemukan masalah penelitian, latar belakang, perumusan masalah, hipotesis, tujuan, kegunaan penelitian, tinjauan pustaka, kerangka teori, landasan teori, menentukan metode penelitian, teknik sampling, mengumpulkan data dengan angket, wawancara, dokumentasi, observasi, analisis data dan penarikan kesimpulan,cara kutipan, catatan halaman dan biolografi.

·              Pemikiran Pendidikan Islam ( 2 SKS)

        Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pemikiran inovasi pendidikan  Islam ke depan serta pengembangannya, dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan Islam  dan menjadi  landasan berpikir menghadapi tantangan – tantangan pendidikan secara global.

·              Seni dan Kaligrafi Islam ( 1 SKS )

Mata kuliah ini, mengarahkan mahasiswa untuk mengenal seni kaligrafi dan bentuk-bentuknya, serta dapat mendorong usaha menumbuhkembangkan sifat gemar menulis kaligrafi, terutama mengembangkan dan memperluas wawasan mahasiswa tentang seni kaligrafi.

·              Metodologi Da’wah  ( 2 SKS ) 

         Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa pengetahuan tentang tehnik dan metode dakwah agar dapat menyampaikan dakwah dengan hikmah di tengah-tengah masyarakat dan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan  di bangku perkuliahan.     

·              Fiqh Munakahat  (2 SKS)

Mata kuliah ini menekankan pembahasannya pada hakikat dan tujuan pernikahan dalam hukum Islam, persoalan-persoalan hukum yang timbul dari hubungan pernikahan dan akibat hukum dari putusnya pernikahan, yang kesemuanya dikaji dari sudut hukum Islam detigan Al- Quran dan Al- Hadits sebagai dasar hukum utama. Di samping itu, mahasiswa diharapkan dapat membekali dirinya untuk melaksanakan pernikahan dan dapat memberikan konseling pernikahan kepada keluarga dan masyarakat.

 

·              Fiqh Kontemporer (2 SKS)

Dampak dari perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan serta pesatnya teknologi menghasilkan semakin beragam dan kompleksnya persoalan yang timbul di tengah-tengah ummat, termasuk persoalan-persoalan yang secara khusus atau jejas telah dikukuhkan hukumnya. Mata kuliah fiqh kontemporer ini memberi pemahaman kepada mahasiswa untuk menguasai hukum-hukum dari persoalan-persoalan kontemporer" yang terjadi dengan dalil hukum dan metodologi hukum yang jelas dan benar menurut kaidah yang berlaku.

·              Logika/Mantiq (2 SKS)

Mata kuliah ilmu mantiq atau logika ini diajarkan kepada mahasiswa agar menjadi bekal dasar dalam memahami kerangka berfikir ilmiah, dialektika komunikasi ilmiah, dan mengaplikasikannya di dalam menyampaikan ilmu yang dimilikinya. Di samping itu, dengan ilmu mantiq atau logika ini, mahasiswa dapat memahami dan menganalisis terminology ilmu-ilmu pengetahuan.

 

        4.  Mata Kuliah Kompetensi Lokal dan Lainnya (MKL)  12 SKS

         Prodi Ahwal al-Syakhsyiah dan Prodi Pendidikan Agama Islam.

·              Ke-DDI-an dan Aswaja (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengkaji secara kritis sejarah lahirnya DDI, asas, Visi dan misi, akidah ahlussunnah wal-jamaah, serta tujuan organisisai DDI sebagai salah satu ormas Islam yang ada di Indonesia dan pandangan DDI terhadap isu-isi kontemporer, sehingga dengan mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki integritas dan komitmen untuk mengembangkan organisasi DDI.

·              Praktek Ibadah  (0 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami dan mampu mengaplikasikan beberapa persoalan seputar hukum ibadah, baik yang mahdhoh ataupun ibadah ghairu mahdhoh. Selain itu, diharapkan juga sebagai bekal dasar bagi mahasiswa di dalam mensosialisasikan ajaran-ajaran Islam di tengah masyarakat, khususnya masalah ibadah..

·                             Praktek Baca Tulis Al-Qur’an (2 SKS)

Praktikum qira'ah al- Qur'an merupakan mata kuliah sebagai proses bimbingan membaca dan menghafal al- Qur'an, agar mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan membaca dan menghafal al- Qur'an dengan benar, fasih, dan lancer sesuai ketentuan atau kaidah yang dirumuskan dalam ilmu tajwid dan sesuai dengan target yang ditentukan. Selain itu, melalui praktikum ini mahasiswa diharapkan memiliki. kemampuan dan keterampilan menghafal surat-surat pendek yang sering digunakan untuk kepentingan ibadah sehari-hari. Memiliki motivasi tinggi untuk selalu mengkaji, menghayati, dan mengamalkan kandungan al- Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

·              Praktek Komputer I  (1 SKS)

Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diantar untuk memahami dan menguasai jenis-jenis tentang perangkat lunak lainnya, seperti program pengolahan kata beserta fungsi aplikasi yang terdapat dalam operating system  terutama Microsoft Office XP, program lembar kerja (workrheet)/ Microsoft Exell,  serta program Mendemonstrasikan ( Microsoft power point) program data base, grafik web design, serta pengenalan bahasa pemprogaman. termasuk menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan dan lain-lain).

Melalui bekal mata kuliah ini pula, mahasiswa diharapkan mampu Menguasai Microsoft Word, Pawer Point Dan Excel sehingga mahasiswa dapat menjalankan sistem menejmen file, membuat dokumen dengan tabel, diagram dan meil merge.

·              Praktek Komputer II   ( Internet) (1 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan tentang pengertian internet, prinsip-prinsip, macama-macam jaringan komputer seperti type dan struktur jaringan,membedakan alur komunikasi dengan media kabel dan nirkabel. Mahasiswa juga dapat melakukan komonikasi data antar komputer, mencet file dan folder untuk dapat diakses bersama. Internet juga dapat membantu mahasiswa menggunakan E-Mail, mendeskrifsikan fungsi E-mail sebagai alat komunikasi, serta dapat menggunakan menu dan fasilitas yang ada di Web Browser.

Menjelaskan perbedaan internet dengan localhost/LAN, atau pengelolaan hasil pencarian/download pada lokasi penyimpanan yang sudah ditentukan dan mempraktikkan cara menyimpan hasil download.

·               Praktek Mengajar I dan II (4 Sks) TAR.

Dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai teori mengajar dan trampil dalam kegiatan pembelajaran. Materi utamanya: Keterampilan mengelolah kelas, keterampilan membuat persiapan observasi lapangan, keterampilan meyusun RPP, keterampilan mengadakan appersepsi, membuat test, keterampilan memotivasi murid/siswa, keterampilan menyajikan pelajaran, keterampilan mengaktifkan murid, keterampilan menjawab pertanyaan murid, keterampilan menggunakan media pelajaran, keterampilan mengumpulkan bahan ajar, keterampilan mengevaluasi hasil test, keterampilan remedial, reword, funishmart, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membuat laporan pelaksanaan KKLP (Kuliah Kerja Lapangan Propfesi).

·                             Praktikum Peradilan  dan KUA (4 SKS)    SYAR

Praktikum peradilan ini dimaksudkan untuk menghasilkan sarjana hukum Islam yang memiliki kecakapan profesional, disampaing kecakapan akademis—di dunia praktisi kesyaria'han dan hukum. Melalui praktikum peradilan ini juga, mahasiswa diharapkan mampu memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi supremasi hukum.

Praktikum Kantor Urusan Agama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan, wawasan dan skill mahasiswa dalam bidang administrasi keperdataan Islam yang menjadi kompetensi Kantor Urusan Agama. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu memadukan antara teori adminiastrasi keperdataan Islam yang telah dikuliahkan dengan aplikasinya di lapangan.

 

·                             Manajemen & Kewirausahaan (2 SKS)

Mata kuliah ini, mahasiswa dapat mengetahui dan mengenal tentang bagaimana merencanakan, serta menggerakkan orang-orang dalam suatu perusahaan, mengantar mahasiswa untuk membuka usaha perkoprasian, minimal mahasiswa diharapkan mengenal ciri-ciri seorang pengusaha  dalam memegemen perangkat –perangkat suatu perusahaan.

·              Seminar Proposal Skripsi  (0 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan judul-judul skripsi serta penulisan proposal skripsi, sehingga mempermudah mahasiswa dalam penulisan skripsi dengan dibimbing oleh dosen pembimbing masing-masing, setelah proposalnya diseminarkan di depan kelas. Proses perkuliahannya dipandu oleh dosen pembimbing seminar proposal, kemudian dibahas bersama-sama teman mahasiswa untuk perbaikan dan pengembangan proposal tersebut.

·               Komprehensif (0 SKS)

                  Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lisan yang diberikan kepada mahasiswa  sebagai rangkaian ujian akhir yang mengarah khusus materinya kepada  jurusan  dan spesialisasi program studi yang dipilih.

·              Seminar Proposal Skripsi  (0 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan judul-judul skripsi serta penulisan proposal skripsi, sehingga mempermudah mahasiswa dalam penulisan skripsi dengan dibimbing oleh dosen pembimbing masing-masing, setelah proposalnya diseminarkan di depan kelas. Proses perkuliahannya dipandu oleh dosen pembimbing seminar proposal, kemudian dibahas bersama-sama teman mahasiswa untuk perbaikan dan pengembangan