Lembaga struktural ini, terbangun atas dasar memaksimalkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi :

1.)     Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengajaran.

2.) Penyelenggaraan Penelitian dalam rangka pembangunan   kebudayaan  khususnya ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan dan seni yang bernafaskan Islam.

3.)    Penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat.

        Untuk itu, maka penyelenggaraan dan pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi diharapkan perlunya strukturisasi kelembagaan di STAI DDI Pangkep. Dengan maksud ; lebih mensuppor penyiapan   mahasiswa  agar  menjadi  anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya bernafaskan Islam sehingga dapat komitmen terhadap pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya yang bernafaskan Islam, dan  mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Maka dibentuk 3 (tiga) lembaga struktural yang mengkordinir Penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi tersebut :  

a).    Lembaga Pendidikan, Pengajaran dan Pelatihan.

        Lembaga Pendidikan, Pengajaran dan Pelatihan (LP3) merupakan lembaga yang bergerak  mengkordinasikan dan melaksanakan pendidikan akademik dan atau profesional dalam satu atau seperangkat cabang ilmu pengetahuan, agama, sains dan teknologi dan atau seni budaya tertentu.

         Lembaga ini dipimpin oleh seorang Ketua dan sekretaris serta dalam pelaksanaan kegiatannya  dibantu oleh Pimpinan jurusan yang dikordinir  dan dipantau oleh Pembantu Ketua I bidang Akademik.

 

b.)         Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat

        Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) adalah unsur pelaksana sebagian tugas dan fungsi STAI DDI Pangkep dibidang pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat  yang berada dibawah naungan dan bertanggung jawab kepada Ketua.

        LPM ini dikordinir dan dipantau kegiatannya oleh Pembantu Ketua I Bidang Akademik, mempunyai tugas menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan lembaga-lembaga lain,  dan dalam melaksanakan tugasnya tersebut, Merumuskan kebijakan di bidang pengabdian kepada masyarakat serta pengamalan nilai agama, ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni. 

Implentasi yang sudah dilaksanakn selama ini  telah menunjukkan kualitas yang signifikan, karena dalam pelaksanaan lembaga ini dijadikan sebagai otonom.

         Beberapa program LPM yang telah dilaksanakan empat tahun berdirinya lembaga ini, pada dasarnya merupakan pengamalan praktis seperangkat ilmu pengetahuan, teknologi dan seni Islami yang dilakukan STAI DDI Pangkep yang direalisasikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Upaya pengabdian dimaksud, dilaksanakan secara terus – menerus dengan memperhatikan aspek kuantitas maupiun kualitasnya.

            Oleh karena itu, pengabdian masyarakat yang dilaksanakan STAI DDI Pangkep, diarahkan tidak hanya kepada pembinaan lembaga pendidikan Islam, tetapi juga pada pemerintah maupun kepada lembaga social keagamaan dalam skup yang lebih luas, sesuai dengan bidang-bidang yang meliputi; bidang pembinaan keagamaan, pembinaan dan pemberdayaan pendidikan Islam dan SDM, dinamika sosial, ekonomi dan politik masyarakat Islam, pembinaan kewirausahaan dan pemberdayaan ekonomi menengah ke bawah, penarapan IPTEK yang Islami, serta pembinaan dan pemberdayaan wanita yang disebut dengan Program Kerja Lapangan Integratif.

            LPM ini dipimpin oleh Ketua dan pelaksanaan tugasnya dibantu oleh sekretaris.     

 

c.)         Lembaga Penelitian (Lemlit).

        Lembaga Penelitian ini adalah unsur pelaksana sebagian tugas dan fungsi STAI DDI Pangkep, di bidang penelitian yang berada di bawah Ketua serta di kordinir serta pelaksanaan kegiatannya dipantau oleh Pembantu Ketua I bidang akademik.

 Pelaksananaan kegiatan lembaga ini dipimpin oleh Ketua dan dibantu oleh Sekretaris.  Mempunyai tugas melaksanakan, mengkordinir, mengembangkan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian serta bekerjasama dengan lembaga-lembaga lain.

 Lembaga Penelitian (Lemlit), sejak berdirinya belum begitu berfungsi secara maksimal disebabkan karena SDM yang masih terbatas. Padahal lembaga ini memiliki fungsi sebagai salah satu pelaksana akademik dalam kerangka Tri Dharma perguruan tinggi yang berkonsentrasi dalam bidang penelitian. Di samping itu ruang lingkup kinerja lembaga Penelitian berorientasi pada pengembangan pendidikan, sesuai dengan jurusan yang ada pada saat ini. Kemudian diharapkan juga dapat menggarap bidang-bidang lain seperti, Kultur Sosial, Bahasa, Psikologi, ekonomi, Industri, politik dan Hukum.