Disamping ada Lembaga struktural, dibentuk juga lembaga non struktural  dengan maksud; untuk mewujudkan serta memantapkan penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi. Supaya dapat memberikan arah dan sekaligus motivasi serta  kekuatan gerak bagi civitas akademikanya, maka dibentuklah lembaga–lembaga  yang kegiatan penyelenggaanya non (luar)  struktur STAI DDI Pangkep dan menangani pendidikan diluar kurikulum formal.. Antara lain lembaga yang dimaksud tersebut;

     a.)  Lembaga Bahasa.

             Lembaga Bahasa (LB)  adalah  lembaga  khusus  yang  menangani  program   pendidikan Bahasa Insentif secara umum, terkhusus dibidang Bahasa  Arab dan Inggris. Diadakannya lembaga ini dilandasi oleh keprihatinan tentang rendahnya kemampuan Bahasa bagi mahasiswa. Hal ini terbukti dengan fakta bahwa sebagian besar mahassiswa sering mengalami kesulitan dalam menguasai literatur Islam klasik.

      Tujuannya : melahirkan mahasiswa STAI DDI Pangkep yang memiliki  kemampuan berbahasa Arab dengan baik secara lisan maupun tulisan serta membekali mahasiswa dengan kemampuan membaca, memahami teks dan menerjemahkan agar lebih mudah dalam mengkaji ilmu-ilmu keIslaman. Untuk melaksanakan lembaga ini dibentuk tim khusus yang dipimpin oleh seorang ketua dan anggota-anggota tim bertugas mengatur program pengajaran bahasa khususnya bahasa Arab dan Inggris.

     b.)  Lembaga Kajian Ilmiyah.

        Lembaga kajian ilmiyah (LKI) tersebut, diomaksudkan sebagai wadah pengembangan keilmuan  para sivitas akademika STAI DDI Pangkep melalui berbagai aktivitas seperti diskusi, seminar, workshop, penelitian, kuliah tamu pertukaran informasi, dan sebagainya. Sebab STAI DDI Pangkep telah memiliki dosen dengan berbagai latar belakang disiplin ilmu, tidak hanya disiplin ilmu agama maupun disiplin ilmu lainnya.

              Dosen–Dosen tersebut, yang sebagian besar masih muda walaupun sudah mayoritas magister bahkan ada  yang sedang menempuh program doctor,- memerlukan pembinaan profesionalisme yang antara lain dengan memberikan wadah bagi mereka untuk mengembangakan keilmuan ssesuai bidang dan disiplin ilmu masing-masing.

        Lembaga tersebut, sangat menunjang kelak menjadi tulang punggung STAI DDI Pangkep. Karena menjadi agenda utama pengembangan institusional dari aspek sumber daya manusia, melalui studi lanjut sesuai program studi yang dikembangkan, peningkatan wawasan melalui berbagai aktitas ilmiah seperti seminar, lokakarya dan sebagainya.  

             LKI ini dikordinir dan dipimpin oleh seorang ketua dan anggota–anggota  yang diangkat sebagai pelaksana program. 

 

c.)  Lembaga Studi Jender.

             Ketimpangan social sebagai akibat dari ketidakadilan jender menjadi salah satu factor penghambat lajunya proses pembangunan disegala bidang kehidupan, terutama upaya pemberdayaan perempuan itu sendiri. Karena itu, isu jender di era globalisasi menjadi kajian dan penelitian yang menarik dikalangan dosen maupun mahasiswa, khususnya mahasiswa STAI DDI Pangkep.  

             Mengacu pada program kerja yang ditetapkan, kegiatan lembaga Studi Jender yang telah dilakukan antara lain; kajian-kajian berupa seminar, diskusi dan lainnya tentang jender perspektif Islam baik dikalangan dosen maupun mahasiswa, secara mandiri atau bekerjasama dengan jurusan-jurusan yang ada.

             Personalia LSJ ini, secara otonomi dipimpin oleh seorang Ketua yang bertugas mengkordinir program kerjanya, dan dapat membentuk kepanitiaan dalam setiap pelaksanaan kegiatannya.

 

d.)   Lembaga Pers dan Penerbitan.

              Lembaga Pers dan Penerbitan (LP2 ) adalah lembaga yang mengurusi masalah–masalah yang berkaitan dengan media penerbitan ilmiah kampus.

            Untuk mencapai maksud di atas, LP2 ini telah memberikan kesempatan dosen maupun mahasiswa untuk mengikuti Workshop Pers dan memberikan kesempatan.untuk membentuk bulletin dan media lainnya yang searah dengan visi misi STAI DDI Pangkep, supaya kelangsungan pembinaan idealis, kritis yang obyektif bagi dosen maupun mahasiswa dapat terarah dan tekordinir.

            Personalia LP 2 tersebut, dipimpin oleh seorang ketua dan dapat mengangkat tim kerja yang bertugas melaksanakan program – program kerja yang diamanatkan oleh lembaga.    

  

e.)     Lembaga Advokasi dan Bantuan Hukum.

         Lembaga Advokasi dan Bantuan Hukum (LABH) Jurusan Syariah STAI DDI Pangkep adalah  sebuah lembaga yang bertujuan: (1) Memberikan konsultasi hukum Islam; (2) Memberikan layanan advokasi perkara di Peradilan Agama; dan (3) Melaksanakan penelitian dan sosialisasi hukum Islam.

Untuk mencapai tujuan tersebut, LABH telah mengadakan usaha- usaha  sebagai berikut :

     1.) Memberikan bantuan hokum kepengacaraan di Peradilan Agama menyangkut berbagai hal yang sesuai dengan tujuan dan profrsionalisme serta etika keadvokasian.

     2.)  Mengikuti beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga lain yang mempunyai kesamaan visi misi dengan LABH Jurusan Syariah.

3.) Mengadakan  penelitian - penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan hukum keluarga, baik penelitian literature maupun penelitian lapangan.

4.) Mensosialisasikan  hukum  Islam  pada  kalangan  sivitas    akademika dan masyarakat umum melalui berbagai cara guna terciptanya kesadaran hukum.

              Personalia LABH ini dipimpin oleh seorang Ketua, dan dapat mengangkat tim kerja yang bertugas melaksanakan program kerja.

 

f.)  Lembaga Seni dan Olahraga.

        Lembaga Seni dan Olahraga ( LSO ) STAI DDI Pangkep, didirikan dengan tujuan; a). Mendukung dan memberikan layanan untuk kegiatan seni religius dikalangan mahasiswa maupun dosen serta dapat melibatkan masyarakat  dan b). Menjaga kesehatan jasmani dan rohani melalui olah raga, tidak hanya kegiatannya melibatkan  mahasiswa melainkan juga dosen.  Untuk mencapai tujuan tersebut, LSO ini telah melaksanakan usaha- usaha  sebagai berikut :

1.) Memberiakan kesempatan kepada sivitas akademika untuk aktif menyalurkan bakat seni dan olahraga di  kampus dan ditempat lainnya.

2.) Mengikutkan mahasiswa maupun dosen untuk kegiatan – kegiatan porseni dan menjadi paserta dalam berbagai pelaksanan turnamen olahraga diluar kampus selama tidak menghalangi kegiatan perkuliahan.

3.) Malaksanakan kegiatan pekan olahraga dan seni antar organisasi inter di STAI DDI Pangkep.

Personalia LSO  tersebut, dipimpin oleh seorang ketua dan dapat mengangkat tim oprasional yang bertugas melaksanakan program kerja yang diamanatkan oleh lembaga. 

Pasilitas, Adapun pasilitas yang dimiliki;

1). Bidang Seni berupa: a). Satu buah Orgen merek Yamaha, b).  Satu pasang song sistem, dan  c). Satu pasang rebana. 

2). Bidang Olahraga berupa : a). Lapangan sepak bola kerja sama dengan lurah setempat, dan b). Lapangan Tenis meja dan pasilitas lainnya.

 

       g. )     Lembaga Da’wah

          Lembaga Da’wah (LD) STAI DDI Pangkep didirikan dengan tujuan ;

1). Memberikan layanan untuk kegiatan Da’wah dikalangan mahasiswa maupun dosen serta dapat melibatkan simpatisan organisasi DDI.

 2). Membantu suksesnya pelaksanaan trilogi organisasi DDI yang bergerak di bidang Pendidikan, Da’wah dan Usaha sosial, dan

3). Memenuhi  kebutuhan  masyarakat dalam bidang keagamaan khususnya bidang siar islam.

Personalia ; Lembaga ini dipimpin oleh seorang ketua untuk mengkordinir terselenggaranya program kerja yang ditetapkan oleh lembaga. Dalam melaksanakan tersebut,  dapat mengangkat panitia penyelenggara yang bertugas melaksanakan siar islam dan program lainnya sesuai dengan trilogi organisasi DDI.