Kuliah Kerja Lapangan Profesi STAI DDI Pangkep menyelenggarakan seminar Pranikah yang di laksanakan di  Di aula baruga sayang desa coppo tompong,Selasa  20/3/2018.

kegiatan seminar tersebut bertemakan menjemput jodoh terbaik membangun kekuarga berkualitas.

Kegiatan seminar ini adalah kerjasama antara mahasiswa KKLP desa coppo tompong dengan KUA Kecamatan Mandalle,Kegiatan  ini di hadiri oleh  pejabat desa coppo tompong,Kepala Kua Mandalle Andi Sumange Alam,S.Ag,Penyuluh se Kecamatan Mandalle, Dosen Pembimbing KKLP Coppo Tompong serta para tokoh masyarakat dan para  pemuda.

Kordes desa coppo tompong Rahmawati mengatakan bahwa seminar ini di gelar untuk meningkatkan pemahaman tentang kehidupan dalam rumah tangga serta mengurangi tingkat perselisihan,perceraian dan kekerasaan dalam rumah tangga

Rahmawati mahasiswa Jurusan Syariah ini menambahkan peserta seminar sangat antusias dalam kegiatan seminar penyuluhan pranikah ini,hal ini ditandai dengan salah satu peserta meminta kepada pemerintah supaya ada pembatasan mengenai uang panaik yang dianggap selama ini sangat membebani bagai kaum laki-laki

Kepala KUA Kecamatan Mandalle Andi Sumange Alam, S. Ag  sebagai narasumber mengatakan  bahwa pernikahan di bawah umur akhir-akhir ini menjadi persoalan serius. Berdasarkan data, dari koalisi indonesia untuk kependudukan dan pembangunan bahwa sulsel peringkat ketiga setelah jawa barat dan aceh yang pernikahannya di bawah umur,Hal ini menjadi persoalan kita bersama bahwa tingginya angka perniakahan di bawah umur diikuti pula dengan  tingginya angka perceraian yg terus meningkat. Oleh karena itu, tujuan dari seminar ini adalah bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Lanjut Kepala  KUA Mandalle ini menambahkan bahwa dalam  upaya membangun keluarga yang berkualitas perlu pemahaman mengenai hak dan kewajiban suami istri sebelum memasuki jenjang pernikahan lanjutnya. Apabila mereka memahami tugas-tugasnya  maka hal tersebut akan mengurangi percekcokan kecil yg kemungkinan muncul setelah pernikahan.tutupnya.